18.5.22

PERTANYAAN YANG SERING SEKALI DITANYAKAN SAAT KUMPUL KELUARGA

 


UTS PSIKOLOGI SOSIAL
Semester 2 T.A 2021/2022
Oleh: Putri Dahliani (21310410110)
Kelas reguler
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Dosen: Dr. Arundati Shinta, MA.

Lebaran idul fitri adalah hari raya umat islam. Yang mana umat islam merayakan hari kemenangan setelah menahan rasa lapar, haus dan menundukkan hawa nafsu. Lebaran berasal dari akar kata lebar yang maknanya tentu agar di hari raya kita harus berdada lebar (lapang dada). Sifat lapang dada untuk meminta dan sekaligus memberi maaf kepada sesama. Pada saat hari raya idul fitri biasanya sanak saudara akan berkumpul bersama untuk merayakan hari kemenangan yang suci ini.

Bagi anak rantauan tentu momen ini adalah momen yang paling pas untuk berkumpul, yang mana mereka sangat jarang bertemu dengan sanak keluarga mereka. Maka disaat itulah mereka akan berkumpul merayakan hari raya. Pada saat itu akan terjadi yang namanya proses sosialisasi dalam keluarga yang mana ini adalah penentu paling kuat untuk level motivasi seseorang. Hal ini  merupakan cara dalam memberikan nilai terhadap anak atau orang yang lebih muda, baik itu nilai moral, agama, maupun sosialnya.

Akan ada pertanyaan- pertanyaan seperti:
1. Kerja dimana sekarang? Berapa gajinya?
2. Mana THR nya? Katanya sudah kerja?
3. Kuliah dimana? Jurusan apa? Sekarang semester berapa?
4. Sudah punya pacar belum?
5. Kapan nikah? Sudah punya calon kan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut memang bagian tak terpisahkan dari budaya kolektif, dan merupakan cara bagi mereka para kerabat yang lebih tua untuk dekat dengan muda mudi seperti kita. Pertanyaan-pertanyaan itu sebagai jalan untuk menciptakan kedekatan satu sama lain antar sanak saudara. Hal itulah yang membuat para kerabat saling menanyakan pertanyaan yang mungkin sebenarnya terlalu pribadi untuk kita. Apalagi, kita jarang bertemu dengan keluarga kita.

Selain berkumpul dengan keluarga, biasanya juga akan berkumpul dengan teman-teman. Berbagi cerita dan saling memotivasi satu sama lain. Tentunya kita akan banyak berinteraksi dengan banyak orang dengan cara yang berbeda-beda.


Daftar pustaka:

https://m.republika.co.id/amp/psl25p458

https://ejournal.upi.edu/index.php/IJACE/article/download/28286/12821

https://yoursay.suara.com/lifestyle/2022/04/28/081618/siapkan-mentalmu-hadapi-10-pertanyaan-ini-dari-keluarga-saat-lebaran

0 komentar:

Posting Komentar