23.5.22

PEMULA SEKALIPUN BISA JADI DESAINER GRAFIS!

 



PSIKOLOGI INDUSTRI & ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh : Satria Rahman Nasution (21310410087)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Ujian Tengah Semester Psikologi Industri & Organisasi 2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Di era perkembangan zaman yang sangat pesat, desain grafis sudah menjadi bagian dalam kehidupan individu saat ini, dan bukan menjadi hal yang asing lagi. Hal tersebut karena individu sadar bahwa desain grafis merupakan elemen yang sangat penting dalam pembentukan citra visual, dan mampu meningkatkan nilai tambah bagi penggunanya. Tidak hanya itu, perkembangan internet pun turut serta dalam mendorong teknologi komputerisasi, teknologi cetak, pengolah desain grafis, dan software perancang agar menjadi lebih mudah untuk dipelajari serta diakses. Sehingga hal tersebut menjadikan desain grafis sebagai karya seni visual yang dapat dipelajari oleh individu untuk menciptakan sebuah karya desain grafis dengan kualitas dan taste profesional dalam kurun waktu yang cukup singkat. Maka dari itu, desain grafis tidak hanya bisa diciptakan oleh kalangan akademisi saja, namun kini seorang pemula juga bisa dengan cara belajar secara mandiri melalui tutorial yang bertebaran di internet.

 

Lalu, bagaimana halnya dengan sarjana psikologi menjadi seorang desainer grafis? Apakah bisa? Jawabannya: bisa! Itu karena, jaman dahulu karya desain grafis seperti logo atau poster hanya bisa dibuat oleh orang-orang yang memiliki latar pendidikan desain grafis, memerlukan pengetahuan serta ketrampilan ketika menganilisa masalah, dan selanjutnya dipecahkan melalui pendekatan komunikasi visual. Hal tersebut juga membutuhkan bakat dan juga pemahaman dalam mengolah karya visual, seperti menggambar  dan juga anilisis masalah. Namun, berbeda jauh dengan saat ini, tidak ada lagi jurang pemisah antara desainer grafis dari latar belakang akademisi dengan desainer grafis yang belajar secara otodidak. Semua mempunyai kesempatan dalam mengakses imu pengetahuan serta berkarir secara profesional di industri kreatif. Dengan adanya teknologi, semua orang bisa menjadi seorang desainer grafis jika individu-nya memiliki semangat juang untuk mempelajarinya.

 

Karena yang kita bisa rasakan saat ini, bahwa teknologi memberikan kemudahan bagi siapa saja untuk mendapat berbagai kebutuhan desain secara otomatis, cepat, dan gratis. Ketika internet belum hadir, refrensi menjadi hal yang sangat-sangat langka, menjadikan eksistensi seorang desainer grafis diuji dalam menuangkan karya yang komunikatif serta inovatif. Sehingga kini kita bisa menemukan berbagai macam jenis karya desain grafis yang unik, dan juga dari tahun ke tahun karakteristik bermunculan yang memiliki kekhasan kuat. Tidak jarang juga gaya dipopulerkan pada jaman dulu menjadi refrensi saat ini bagi desainer grafis.

 

Daftar Pustaka

 

Riyanto, Slamet. 2006. Bagaimana Memulai Desain Grafis. (Online),  http://ilmukomputer.org/. Diakses tanggal 23 Mei 2022

Migutuwio, Namuri. 2020. Desain Grafis: Kemarin, Kini, dan Nanti

0 komentar:

Posting Komentar