11.5.22

Motivasi Prestasi Siswa SMA/sederajat Mulai Luntur



 MOTIVASI PRESTASI SISWA SMA/SEDERAJAT MULAI LUNTUR



Oleh: Humairah Natsir

21310410042

Program Studi Psikologi Umum

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Essai ini dibuat untuk memenuhi persyaratan UTS mata kuliah Psikologi Industri Organisasi

Dosen Pengampu: Ibu Dr. Arundati Shinta, M.A.


     Motivasi merupakan suatu dorongan yang dapat mempengaruhi individu baik diri sendiri maupun orang lain untuk mencapai tujuan demi memenuhi kepuasan individu tersebut. Motivasi sangat penting dalam menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, motivasi ini diperlukan siapa saja, terutama siswa dalam aktivitas belajar untuk mencapai prestasi. 

     Belajar proses dari tidak tahu atau menambah ilmu pengetahuan. Di era sekarang proses pembelajaran tidak sedikit membuat para siswa cenderung bosan dan tidak mengetahui makna dari pembelajaran tersebut. Hal ini tentunya akan membuat siswa tidak memiliki tujuan belajar sehingga sulit mengukir prestasi. 

     Motivasi dapat ditingkatkan dengan mengadakan pelatihan motivasi, salah satunya atau Achievement Motivation Training (AMT). AMT ini ditujukan untuk siswa tingkat SMA/sederajat, di mana pada usia ini dianggap mampu mengenali potensi yang ada pada dirinya dan dapat menemukan jati diri. Siswa SMA juga memiliki peran penting sebagai generasi penerus bangsa sebelum ia benar-benar memasuki jenjang yang lebih tinggi. Pelatihan motivasi berprestasi ini dapat diberikan sebelum siswa menghadapi berbagai ujian atau peraktik lapangan kerja. 

     Pelatihan motivasi berprestasi dapat dilakukan dengan mengumpulkan siswa SMA yang akan mengikuti pelatihan dan menghadirkan motivator di sekolah. Dalam hal ini siswa akan diajak untuk berlatih dan memainkan beberapa permainan ringan yang akan menggali potensi diri, melatih kerjasama, kekompakan, dan kejujuran antar individu. Konsep bermain sambil belajar ini sangat efektif diberikan pada siswa SMA, selain itu menambah wawasan, siswa tidak merasa bosan dan mendapatkan motivasi serta mengetahui potensi diri yang dapat dikembangkannya. 

     Pelatihan motivasi sangat dibutuhkan para siswa tingkat SMA/sederajat dalam melakukan aktivasi, tanpa kehilangan tujuan belajarnya sehingga tidak dapat mengukir prestasi. mengingat siswa merupakan generasi selanjutnya yang dapat memajukan bangsa dan negara kelak. 


Referensi:

https://www.smtimakassar.sch.id 

https://media.neliti.com 

https://kumparan.com 

0 komentar:

Posting Komentar