18.5.22

Pentingnya Mempererat Hubungan Keluarga, Dengan Sering Makan Bersama



Mempererat Hubungan Keluarga, Dengan Sering Makan Bersama

Essay ini dibuat untuk memenuhi : Ujian Tengah Semester 
Mata Kuliah : Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Arundati Shinta, M.A





Siti Khasanah (21310410089)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

2022


Mungkin banyak yang menyadari kini makan bersama keluarga sudah mulai jarang dilakukan, terutama bagi yang tinggal di kota besar. Pekerjaan biasanya menjadi salah satu penyebab berkurangnya yang dihabiskan bersama keluarga. Selain itu, banyak orang-orang yang lebih senang makan sendirian karena tak harus berlama-lama duduk dan mengobrol. Meski kelihatannya sepele, sebenarnya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan yang satu ini. Menyisakan sedikit waktu untuk duduk bersama anggota keluarga lainnya saat makan bersama lebaran ternyata bisa jadi wadah untuk melepas rindu, stress dari pekerjaan atau masalah-masalah lainnya. 

Menjaga komunikasi antar anggota keluarga menjadi kesempatan untuk lebih mempererat hubungan keluarga, salah satunya dengan saling berbagi cerita tentang saja yang telah dilakukan di hari tersebut. Tak hanya seputar kegiatan itu, percakapan juga dengan membahas peristiwa atau berita yang baru-baru ini ramai dibicarakan. Dari percakapan tersebut, bisa saja mendapatkan perspektif yang baru mengenai sesuatu dan lebih memahami karakter atau pola pikir anggota keluarga yang lain.

Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupuan psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan dan kesehatan. Kebutuhan dasar manusia menurut Abraham Maslow dalam teori Hirarki. Kebutuhan menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar yaitu kebutuhan fisiologis, keamanan, cinta, harga diri, dan aktualisasi diri (Potter dan Patricia, 1997). Dalam mengaplikasikan kebutuhan dasar manusia  yang dapat digunakan untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia, pada saat memberikan perawatan. Beberapa kebutuhan manusia tertentu lebih mendasar daripada kebutuhan lainnya. Oleh karana itu beberapa kebutuhan harus dipenuhi sebelum kebutuhan lainnya. Kebutuhan dasar manusia seperti makan, cinta, merupakan hal yang penting bagi manusia. Dalam mengaplikasikan kebutuhan dasar manusia dapat digunakan untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia dalam mengaplikasikan ilmu keperawatan di dunia kesehatan. walaupun setiap orang mempunyai sifat tambahan, kebutuhan yang unik, setiap orang mempunyai kebutuhan dasar manusia yang sama. Besarnya kebutuhan yang terpenuhi menentukan tingkat kesehatan dan posisi pada rentang sehat-sakit. Hirarki kebutuhan dasar manusia menurut maslow adalah sebuah teori yang dapat digunakan perawat untuk memahami hunbungan antara kebutuhan dasar manusia pada saat memberikan perawatan. Menurut teori ini, beberapa kebutuhan manusia tertentu lebih dari pada kebutuhan lainnya. Oleh karena itu, beberapa kebutuhan harus dipenuhi sebelum kebutuhan yang lain. Misalnya, orang yang lapar akan lebih mencari makanan daripada melakukan aktivitas untuk meningkatkan harga diri.

Kebutuhan dasar manusia adalah hal-hal seperti makanan, air, keamanan dan cinta penting untuk bertahan hidup dan kesehatan. Hierarki kebutuhan manusia menurut Maslow adalah sebuah teori yang dapat digunakan perawat untuk memahami hubungan antara kebutuhan dasar manusia pada saat memberikan perawatan. Hierarki kebutuhan manusia mengatur kebutuhan dasar dalam lima tingkatan prioritas. 
Tingkatan yang paling dasar, atau yang pertama meliputi kebutuhan fisiologis seperti: udara, air dan makanan. 
Tingkatan yang kedua meliputi kebutuhan keselamatan dan keamanan, yang melibatkan keamanan fisik dan psikologis. 
Tingkatan yang ketiga mencakup kebutuhan memiliki, termasuk kekeluargaan, persahabatan, hubungan sosial dan cinta seksual. 
Tingkatan yang keempat meliputi kebutuhan rasa berharga dan harga diri (kebutuhan berprestasi, memiliki kemampuan, menguasai suatu skilll, status, pengakuan dan perhatian dari orang lain
Tingkatan yang terakhir aktualisasi diri, mencakup hasrat untuk makin menjadi diri sepenuh kemampuannya sendiri, menjadi apa saja menurut kemampuannya.

Daptar Pustaka 

E. Koeswara. Teori-Teori Kepribadian. Bandung; PT Ereecso.

Abraham H. Maslow, 2010. Motivation and Personality. Rajawali, jakarta.

https://hellosehat.com/mental/hubungan-harmonis/manfaat-makan-bersama-keluarga/?amp=1




0 komentar:

Posting Komentar