18.5.22

IMPLEMENTASI TEORI McCLELLAND DALAM INTERAKSI SOSIAL SEPERTI MAKAN BERSAMA

 





UJIAN TENGAH SEMESTER

 PSIKOLOGI SOSIAL

Semester Genap T.A 2021/2022

Oleh :

Anisa Zakiatun Nufus (21310410083)

Kelas A (Reguler)

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.


      Teori kebutuhan McClelland (McClelland’s Theory of needs) dikembangkan oleh David McClelland dan rekan-rekannya. Teori ini berfokus pada tiga kebutuhan  yaitu kebutuhan pencapaian (need for achievement), kebutuhan kekuasaan (need for power), dan kebutuhan hubungan (need for affiliation). Teori kebutuhan McClelland menyatakan bahwa pencapaian, kekuasaan/kekuatan dan hubungan merupakan tiga kebutuhan penting yang dapat membantu menjelaskan motivasi. Kebutuhan pencapaian merupakan dorongan untuk melebihi, mencapai standar-standar, dan berjuang untuk berhasil.

Lalu, Bagaimana Kebutuhan-kebutuhan ini mempengaruhi Perilaku ?

      McClelland menjelaskan bahwa setiap individu memiliki dorongan yang kuat untuk berhasil. Dorongan ini mengarahkan individu untuk berjuang lebih keras untuk memperoleh pencapaian pribadi ketimbang memperoleh penghargaan. Hal ini kemudian menyebabkan ia melakukan sesuatu yang lebih efisien dibandingkan sebelumnya. Dorongan-dorongan tersebut terbagi atas 3 bagian, yaitu sebagai berikut:

1.     Motivasi Pencapaian (n-Acc atau need for achievement)

Dorongan untuk menyelesaikan sesuatu dengan baik, Orang yang memiliki n-Acc yang tinggi cenderung tertarik dengan bagaimana mereka bekerja secara pribadi, Orang-orang seperti mencoba untuk mendapatkan kepuasan dalam melakukan hal-hal yang lebih baik.

2.     Motivasi kekuasaan (n-Pow atau  need for power)

Individu-individu yang termotivasi oleh kekuasaan memiliki keinginan kuat untuk menjadi berpengaruh dan mengendalikan. Mereka ingin  pandangan dan ide-ide mereka harus mendominasi dan dengan demikian, mereka ingin memimpin.

3.     Motivasi hubungan / affiliasi (n-Aff atau need for affiliation)

Individu-individu yang termotivasi oleh afiliasi memiliki dorongan untuk lingkungan yang ramah dan mendukung. Individu tersebut yang berkinerja efektif dalam tim. Orang-orang yang cenderung ingin disukai oleh orang lain.

      Pembahasan kali ini adalah mengenai dorongan yang ke 3 yaitu dorongan motivasi hubungan / affiliasi (n-Aff atau need for affiliation).adalah doronan  untuk memperoleh hubungan sosial yang baik dalam lingkungan sosial. Kebutuhan ini ditandai dengan memiliki motif yang tinggi untuk persahabatan, lebih menyukai situasi kooperatif (dibandingkan kompetitif), dan menginginkan hubungan-hubungan yang melibatkan tingkat pengertian mutual yang tinggi. Dimana individu memilik dorongan untuk berinteraksi dengan orang lain dengan cara-cara yang menyenangkan. Individu dengan n-AFF yang tinggi memiliki keinginan diterima dengan baik di masyarakat.

      Salah satu contohnya adalah dengan interaksi sosial seperti makan bersama. Dengan makan bersama individu akan lebih akrab dengan satu sama lain, dan pasti berinteraksi dengan cara yang baik, selain itu, makan bersama dapat meningkatkan hubungan sosial yang lebih dekat, saat makan bersama, individu akan merasakan suasana yang menyenangkan. Oleh sebab itu, makan bersama dapat menjadi pilihan agar kita individu lebih dekat dengan lingkungan sosialnya. Menurut McClelland menyebutkan individu mempunyai cadangan energi potensial, dimana energi ini dilepaskan. yang dikembangkan dan tergantung pada kekuatan atau dorongan motivasi individu pada situasi dan kondisi serta peluang yang ada. Individu yang memiliki kebutuhan afiliasi yang tinggi juga lebih memilih bekerja atau berada di lingkungan yang menyediakan interaksi sosial yang lebih besar.


 

Daftar Pustaka

Konsultan Psikologi. (24 Maret 2019). “Teori kebutuhan McClelland”. Diakses pada 18 Mei 2022, dari https://www.konsultanpsikologijakarta.com/teori-motivasi-kebutuhan-mcclelland/

Robbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. terj. Diana Angelica. Jakarta : Salemba Empat (pp. 230 – 233)

Juneha, Prachi. “McClelland’s Theory of Needs”. Diakses Pada 18 Mei 2022, dari https://www.managementstudyguide.com/mcclellands-theory-of-needs.htm

0 komentar:

Posting Komentar