23.5.22

“ CSR PT.Petrokimia Gresik “

 “ CSR PT.Petrokimia Gresik “

Bella Azahar Br Tarigan

(21310410033)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Soal No.2 UTS Psikologi industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Petrokimia Gresik merupakan wujud komitmen Perusahaan untuk peningkatan kualitas lingkungan, pengembangan ekonomi dan kehidupan masyarakat sebagai bagian tak terpisahkan dari strategi bisnis Perusahaan.

BESTRO (Beasiswa Petrokimia Gresik) merupakan program CSR PT. Petrokimia Gresik berupa beasiswa biaya pendidikan dan kegiatan penigkatan softskill. BESTRO diberikan untuk siswa/i kabupaten Gresik yang berprestasi namun berasal dari keluarga kurang mampu melalui berbagai proses seleksi.

Beberapa waktu lalu telah diadakan lomba pembuatan logo Bestro (Beasiswa Ptrokimia Gresik). Pembuatan logo ini merupakan salah satu program dari devisi CSR PT. Petro Kimia Gresik dalam bentuk kompetisi/lomba. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa/i aktif PTN atau PTS jenjang S1/Diploma, tak terkecuali mahasiswa psikologi.

Lomba pembuatan logo ini juga dijadikan sebagai soal UTS untuk mahasiswa psikologi. Mengapa demikian ? Menurut saya pribadi, tujuan diikutinya lomba pembuatan logo ini oleh mahasiswa psikologi ialah untuk melatih diri dalam membuat logo atau desain untuk perusahaan-perusahaan yang nantinya akan sangat membutuhkan orang-orang yang multitalent di sebuah  dunia  industri nanti.

Jika ditanya apakah sarjana psikologi bisa berkarir di devisi CSR PT.Petrokimia Gresik ? Maka jawabannya iya, karena Program Studi Psikologi sebagai salah satu program studi yang memiliki keunggulan dalam psikologi industri dan organisasi. Alangkah baiknya juga apabila saat masih kuliah mahasiswa sudah terlatih bekerja dalam dunia industri seperti contoh melalui program magang. Pelaksanaan kegiatan Magang Industri diharapkan mampu mendorong mahasiswa memiliki pengalaman di dunia industri. Selain itu, kegiatan Magang Industri di Mitra Industri juga menjadi salah satu sarana belajar secara langsung bagi mahasiswa Prodi Psikologi. Manfaat yang bisa diambil mahasiswa psikilogi dari adanya magang di divisi ini ialah  mahasiswa berkesempatan untuk belajar secara langsung di tempat kerja, dan mendapatkan hardskill maupun softskill yang tidak bisa diperoleh di bangku kuliah. Bagi Industri, kegiatan ini membuka peluang diperolehnya talent yang sesuai dengan kebutuhan. Bagi PT, magang industri menjadi sarana pengembangan kajian keilmuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.  

Logo diatas merupakan logo yang saya desain sendiri dan memiliki makna yang menurut saya juga berkaitan dengan divisi ini. Logo tersebut saya buat berdasarkan gambaran pemikiran saya mengenai program BESTRO. Dimana program BESTRO ini sangat membantu pelajar-pelajar berprestasi yang ingin melanjutkan pendidikannya namun terhalang oleh biaya pendidikan yang besar . Dengan adanya BESTRO ini,kembali membuka jalan bagi generasi muda yang nantinya akan menjadi generasi-generasi yang akan memajukan bangsa dan mengharumkan nama bangsa. Berikut deskripsi / filosofi dari logo yang telah saya desain diatas :

-     - Gambar matahari , melambangkan kekuatan,semangat dan tekad seorang manusia yang tidak pernah berhenti berusaha.Warna kuningnya melambangkan kebahagiaan dan keceriaan,seperti yang dirasakan oleh para generasi muda yang bisa melanjutkan pendidikannya dengan adanya Beasiswa Petrokimia.

-    - Gambar Pohon , Melambangkan harapan manusia ,diibaratkan harapan – harapan anak bangsa yang memiliki kekurangan ekonomi untuk bisa melanjutkan pendidikannnya.Gambar pohon ini juga diibaratkan tanaman yang perlu perawatan dan salah satunya dengan memberikan pupuk,dimana yang kita ketahui bahwa Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk di Indonesia.

-      - Gambar Rumah , melambangkan sebagai pelindung dari segala ancaman dari luar.Diibaratkan sebagai bangunan pabrik pupuk PT. Petrokimia Gresik yang akan selalu melindungi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang membutuhhkan perlindungan.

-  - Tulisan Petrokimia Gresik & BESTRO , merupakan penghargaan dan apresiasi yang sebesar – besarnya terhadap lembaga ini atas semua bantuan yang telah disalurkan. Warna tulisan yang hitam melambangkan kedalaman stabilitas dan keyakinan yang teguh.


Referensi :

Jurnal hasil magang/praktik kerja PT Petrokimia Gresik

 Davis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh. 578–86.  



0 komentar:

Posting Komentar