1.5.22

Cara Menghadapi Wawancara Kerja

 Essay ini dibuat untuk memenuhi persyaratan mid 1 dengan dosen pengampu Dr. Arundati Shinta,M.A.

Disusun oleh : Diah Novita Sari (21310410111)

Membicarakan tentang wawancara kerja, wawancara kerja merupakan salah satu proses seleksi calon karyawan dalam suatu perusahaan dimana proses ini sangatlah penting karena hasil dari tes ini dapat menentukan apakah anda pantas bekerja diperusahaan tersebut atau tidak. Wawancara kerja pada umumnya dilakukan setelah tahap awal seleksi, tes potensi akademik, maupun tes psikologi. Dalam proses wawancara pihak perusahaan dapat mengetahui apakan calon karyawan sesuai dengan kriterian yang dibutuhkan oleh  perusahan atau tidak. Wawancara biasanya akan dilakukan olehseorang HRD dalam perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. 

Ada beberapa aspek utama yang menggambarkan kesiapan kerja calon karyawan yaitu:

Karakteristik personal 

Karakteristik personal yaitu mengukur bagaimana daya lenting dari calon karyawan, kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan maupun kemampuan untuk mengarahkan diri dan fleksibelitas.

Organisational acumen

Aspek ini untuk mengukur motivasi untuk bekerja di organisasi,kesadaran di organisasi perusahaan,perkembangan dalam perusahaan, dan keinginan untuk mempelajari baru serta mengukur perfesionalisme dan tanggung jawab calon karyawan di perusahaan.

Aspek kompetensi

Pada aspek ini dapat menilai kemampuan teknis calon karyawan, motivasi dalam menyelesaikan tugas, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Sosial intelligence

Aspek ini orientasi, kemampuam dalam bekerja dan kolaborasi dalam tim/kelompok.

Dalam proses wawancara ada berbagai macam karakter orang yang akan diwawancara. Terkadang ada orang yang sangat mudah dipahami ketika menjawab pertanyaan wawancara namun ada juga orang yang menjawab pertanyaan wawancara yang belibet atau susah dipahami sehingga membuat pewawancara kagok atau tidak paham dengan jawaban yang diberikan oleh orang yang diwawancarai. Bagaimana persiapan yang tepat untuk wawancara? Berikut adalah caranya 1) memiliki ketrampilan komunikasi lisan, 2) meningkatkan kepercayan diri sebelum melakukan wawancara, 3) Usahakan berpenampilan menarik, menjaga postur tubuh, dan raut wajah, 4) Menyiapkan dokumen yang relevan, 5) Melakukan riset terhadap, 6)  menyiapkan jawaban serta pertanyaan, hal ini bisa dilakukan melalui media massa seperti internet, youtube dan lainnya, tidak lupa memikirkan pertanyaan dasar seperti profil, pengalaman kerja, alasan melamar, kemampuan, kelebihan, kekurangan dan solusinya, 7) datang tepat waktu, minimal 15-20 menit sebelum dilakukannya wawancara. Itulah hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi wawancara pekerjaan. 


Referensi:

Budiasningrum,Retno Setya, dkk. 2021. Teknik Jitu Memenangkan Tahapan Tes Wawancara Kerja di Perusahaan. JURNAL ABDIMASPLJ. Vol. 1, No. 2. Hal 49-51.

Oktivera,Elsie;& F.A Wianu Wirawan. 2020. Program Peningkatan Kemampuan Komunikasi dalam Menghadapi Wawancaea Kerja. Jurnal Karya untuk Masyarakat. Vol. 1, No. 1. Hal. 43-49.

https://ucy.ac.id/5-hal-ini-harus-kamu-siapkan-sebelum-melakukan-interview-kerja/ (diakses pada tanggal 28 April 2022)

0 komentar:

Posting Komentar