16.5.22

CARA BERADAPTASI TERHADAP LINGKUNGAN KERJA

 SYARAT MENGIKUTI UJIAN MID SEMESTER GENAP

PSIKOLOGI LINGKUNGAN

FAKULTAS PSIKOLOGI UP45





Dosen Pengampu  : Dr. Arundati Shinta,M.A

Nama : Rina Widya Anggraini

Nim   : 20310410045

Kelas : Psikologi 

Pada umumnya tidak semua orang mudah untuk melakukan adaptasi,terlebih pada sebuah lingkungan baru contohnya pada lingkunga kerja. Ada yang butuh waktu cepat ada juga yang berbulan bulan bahkan bertahun tahun untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja barunya.

Ada beberapa cara cepat agar kita mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja :

1. Memperkenalkan diri secara sopan dan santun
 
Salah satu cara yang mudah agar kita bisa diterima dilingkungan baru,dengan kita ber etika yang baik dan tutur kata yang sopan kita lebih mudah untuk mendapatkan teman baru dan mudah berbaur serta beradaptasi di lingkungan kerja tersebut.

2. Menjadi pendengar yang baik

Orang lain akan senang ketika mereka berbicara kita berusaha untuk mendengarkan dan menghargai ucapan orang tersebut. Apalagi didalam dunia kerja banyak sekali omongan bahkan nasehat untuk kita dalam menjalankan pekerjaan tersebut.

3. Melatih kecerdasa emosi

Sering kita mengalami hal yang kurang menyenangkan didalam bekerja,seperti beda pendapat terhadap sesama rekan,melakukan kesalahan yang tidak disengaja,bahkan ada pula yang tidak menyukai kita. Akan banyak rintangan untuk melatih kesabaran kita,dengan kita yang berusaha untuk sabar dan memahami sifat satu sama lain itu akan mempermudah kita untuk beradaptasi.

Tentu saja tiap orang berbeda beda dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya,tapi boleh untuk mencoba hal tersebut. Tergantung diri kita sendiri mau untuk membuka diri bersosialisasi dengan lingkunga atau tidak,tetapi itu akan menjadi hal yang wajib ketika kita bekerja secara tim,karna akan banyak kepala yang berbeda pola pikir dan bertentangan dengan pola pikir kita,oleh karena itu pentingnya ber etika dan ber adab dalam pekerjaan itu sangatlah penting.

https://www.qubisa.com/article/cepat-beradaptasi-di-tempat-kerja

 


 


 

0 komentar:

Posting Komentar