29.4.22

VIRTUAL MEMBERI KESEMPATAN BERKARYA DAN BERBISNIS


 PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester genap T.A. 2021/2022

Oleh : 

Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)

Kelas Reguler (A)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Tengah Semester Psikologi Industri dan Organisasi

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Kata industri berasal dari bahasa Francis kuno yaitu “industrie” yang berarti aktivitas, tetapi kata tersebut dasarnya berasal dari bahasa latin yaitu “Industria” yang memiliki arti kerajinan dan aktivitas. Dalam arti luas industri adalah suatu bidang yang bersifat komersial yang menggunakan keterampilan kerja serta teknologi untuk menghasilkan suatu produk dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Macam-macam bidang yang ada di Industri Kreatif apa saja? Industri kreatif sendiri memiliki banyak macam bidang nya. Contohnya, Periklanan, Arsitektur, Pasar Barang Seni, Kerajinan, Desain, Mode (Fashion), Video Film dan Fotografi, Permainan Interaktif, Musik, Seni Pertunjukan, Penerbitan dan Percetakan, Layanan komputer dan perangkat lunak, Televisi dan Radio,  Riset dan Pengembangan, dan yang terakhir Kuliner.

Yang akan kita bahas Industri Kreatif di bidang Video, Film, dan Fotografi. Jenis industri kreatif dalam bidang ini merupakan salah satu sektor yang berpotensi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bidang ini termasuk ke dalam kategori industri kreatif karena proses dalam produksi film atau fotografi maupun video berawal dari mengumpulkan ide-ide dan kreativitas awal.

Fotografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Fos” yang artinya cahaya dan “Grafo” yang artinya melukis atau menulis. Sedangkan dalam kamus Bahasa Indonesia, arti fotografi adalah seni atau proses penghasilan gambar dan cahaya pada film. Video adalah sebuah alat bantu audio visual yang berarti bahan atau alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu tulisan dan kata yang diucapkan dalam menularkan pengetahuan, sikap, dan ide (Widada et al., 2019). Dalam perkembangannya baik fotografi dan videografi mengalami banyak perubahan dari manual menuju digital. Pandemi covid-19 saat ini, menuntut masyarakat berkreasi, masyarakat banyak mengembangkan keahlian di bidang Video, Film, dan Fotografi yang kemudian di upload di media sosial masyarakat seperti Instagram, Tiktok, Youtube, maupun Twitter. Contoh tren yang muncul di masyarakat dengan mengembangkan di bidang Video, Film, dan Fotografi yaitu Virtual Photography di sejumlah media sosial, terutama Instagram. Virtual photography adalah sebuah teknik pengambilan gambar dengan jarak jauh, antara pengambil gambar dengan objek berada di lokasi yang berbeda. Secara keseluruhan virtual photoshoot sama selayaknya pengambilan gambar umumnya hanya medianya saja berbeda. Dalam virtual photoshoot, pelatihan yang diperlukan adalah foto yang diambil di tampilan layar dari video call yang dilakukan bersama klien secara jarak jauh. Adapun dari sisi fotografer, video call itu biasanya dilakukan melalui PC atau laptop. Unsur penting dalam virtual photoshoot adalah koneksi internet yang optimal. Hal itu perlu agar proses video call yang dilakukan tidak tersendat dan mampu menampilkan gambar secara baik. Begitu juga dengan proses dalam pengambilan video virtual, videographer hanya mengarahkan Gerakan yg harus dilakukan model. Kedua proses ini selain memerlukan koneksi jaringan internet, yang perlu di pertimbangkan adalah kesiapan lokasi, atribut pendukung, model hingga pencahayaan.

Masyarakat perlu mengembangkan kreativitas nya untuk melakukan Industri Kreatif, banyak bidang yang bisa di minati contohnya adalah bidang Video, Film, dan Fotografi. Baiknya kita menjadi masyarakat yang mau membuka diri dan belajar akan perkembangan teknologi, teknologi yang bisa kita bisa manfaatkan dengan mudah adalah Handphone, dengan satu teknologi ini kira bisa menciptakan karya yang luar biasa tidak memerlukan modal banyak hanya perlu kepercayaan diri.

 

DAFTAR PUSTAKA

Industri Kreatif. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Industri_kreatif . Diakses pada Selasa, 19 April 2022 Pukul : 00.30 WIB.

Industri. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Industri . Diakses pada Selasa, 19 April 2022 Pukul : 02.19 WIB

Erlyana, Y., & Hansen, H. (2021). Pelatihan Fotografi Dan Videografi Secara Virtual Dalam Peningkatan Kemampuan Diri Pada Pandemic Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 5(1).

Sumber Foto. https://www.aprayon.com/wp-content/uploads/2020/11/virtual-photoshoot-kegiatan-selama-pandemi-768x512.jpg 


0 komentar:

Posting Komentar