30.4.22

UPAYA PEMIMPIN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN

 


Dosen Pengampu :

Dr. Arundati Shinta, MA.

 

Disusun Oleh :

Tiyas Wulandari (21310410108)

 Kelas Reguler

 Semester Genap T.A 2021/2022

 

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA


Manusia merupakan makhluk sosial yang bermasyarakat, maka dari itu dalam kehidupan sehari hari kita tidak bisa lepas dari segala masalah  terutama dalam hal berorganisasi. Perkara tersebut sama halnya dalam dunia kerja, setiap orang yang memasuki dunia kerja akan berinteraksi dan menjadi bagian di tempat dia bekerja. Dalam suatu organisasi tersebut diperlukan adanya sistem yang mendukung kinerja organisasi yaitu kerjasama. Untuk itu perlu adanya komunikasi yang baik yang baik kantar anggota agar menghasilkan hubungan kerja yang kondusif dan dapat mencapai tujuan organisasi.

Motivasi adalah hasil seseorang terhadap situasi yang sedang terjadi. Intensitas motivasi yang ditunjukan oleh seseorang dalam situasi tertentu berbeda dengan orang lain, bahkan ketika mereka menghadapi situasi yang sama. Itulah mengapa ketika berbicara mengenai motivasi, satu poin penting yang harus diingat adalah bahwa tingkat motivasi bervariasi dari orang ke orang dan dalam diri seseorang pada waktu yang berbeda. 

Kepemimpinan dan motivasi merupakan dua hal yang berbeda namun saling berkaitan. Kepemimpinan adalah factor manusia yang menghubungkan sebuah tim dan motivasinya untuk mencapai sebuah tujuan. Hal tersebut dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara kepemimpinan dan motivasi. Kemampuan untuk memberikan motivasi kerja kepada karyawan untuk meningkatkan kinerja karyawan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin di suatu perusahaan ataupun organisasi.

Oleh karena itu Gaya Kepemimpinan Transformasional sangatlah cocok dalam melakukan hal tersebut, Dalam gaya kepemimpinan ini pemimpin merangsang dan membantu para anggota untuk tujuan-tujuan positif, menjaga kekompakan tim, menghargai perbedaan dan keyakinan, dan juga memiliki kepedulian terhadap karyawan. Selain itu diperlukan juga gaya kepemimpinan demokratis yaitu gaya kepemimpinan yang dimana saat mengambil suatu keputusan selalu melibatkan musyawarah untuk kepentingan bersama sesuai dengan tujuan organisasi. Dari urain diatas, terdapat beberapa upaya yang perlu dilakukan oleh pemimpin perusahaan yaitu:

1. Pemberian Reward dalam upaya memberikan motivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja       karyawan. Dalam hal ini pemimpin perlu memberikan reward supaya para karyawan semangat dalam   mejapai target dari perusahaan.

2. Pemberian fasilitas perusahaan bagi karyawan yang sudah bekerja lama di perusahaan.

3. Pemberian motivasi langsung dari pemimpin. Pemberian motivasi langsung dari seorang pemimpin   sangatlah berpengaruh bagi karyawan supaya tingkat kinerja karyawan meningkat seperti :

a)     Mendengarkan dan menghargai ide karyawan.

b)     Apriasi kecil kepada karyawan apapun kinerja yang dihasilkan

c)  Memelihara interaksi sosial yang baik yaitu dengan menjaga komunikasi tetap baik dengan karyawan Membuat suasana kerja yang menyenangkan.

        Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan diperlukan gaya kepemimpinan demokratis yaitu mengutamakan musyawarah dalam mencapai tujuan organisasi, walaupun terkadang juga menerapkan gaya kepemimpinan transformasional dalam upaya pendekatan kepada karyawan dan memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kenyamanan kerja. Motivasi kerja yang diberikan seperti pemberian reward juga merupakan usaha yang sangat baik untuk meningkatkan kinerja karyawan karna hal tersebut dapat membuat semangat dan motivasi karyawan meningkat sehingga dapat mecapai tujuan perusahaan. Selain pemberian reward, motivasi langsung dari pemimpi seperti memberikan apresiasi kecil terhadap karyawan juga akan memberikan rasa senang terhadap karyawan sehingga dapat meningkatkan kinerja daripada karyawan tersebut. 


DAFTAR ISI

L. Bambang, (2021). “ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN AN MOTIVASI KERJA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PT. BATU GUNUNG MULIA ENERGI (BMGE) KECAMATAN BINUANG”. Skripsi, MAB Universitas Islam Kalimantan.


0 komentar:

Posting Komentar