18.4.22

TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA BAGI GENERASI MILENIAL

 




PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Semester Genap T.A 2021/2022

 Oleh :

Refiskha Salsa Billa (21310410095)

Kelas Reguler

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45

YOGYAKARTA

Dosen Pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M.A.

 

Persyaratan sumber daya manusia yang berkualitas adalah kebutuhan mutlak untuk pengembangan dan perkembangan perusahaan  masa depan. Proses rekrutmen dan pemilihan kebutuhan sosial dengan pasar tenaga kerja yang ada. Perusahaan harus memastikan  kriteria dari menginginkan karyawan  dan mengubahnya menjadi arahan dalam pemilihan rekrutmen dan staf. Perusahaan sering menghadapi masalah  karyawan yang baru saja bekerja di masyarakat. Ini membuat perusahaan juga menyimpan proses rekrutmen dan memilih berkali-kali. Untuk itu, penulis bermaksud untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana proses rekrutmen dan seleksi dilakukan, apa saja kelebihan dan kelemahan  sistem rekrutmen dan seleksi yang diterapkan selama ini, dan apakah sistem rekrutmen tersebut dapat menjadi sistem yang  efektif untuk merekrut kandidat yang tepat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.

Wawancara kerja merupakan salah satu proses  seleksi calon karyawan. Proses ini  penting karena hasil  wawancara ini menentukan nasib  pencari kerja. Mempersiapkan  wawancara kerja  sangat penting untuk mencapai kesuksesan. Dalam konteks standar kehidupan global saat ini yang sarat dengan persaingan di segala bidang, pengelolaan sumber daya manusia merupakan langkah strategis untuk memenangkan persaingan antar negara dan antar organisasi. Untuk memiliki sumber daya yang berkualitas tinggi, proses pelatihan tidak dapat dibatasi pada satu masa kerja saja, tetapi harus dimulai sejak proses rekrutmen. Rekrutmen yang tepat akan memudahkan proses penyelarasan dan pada akhirnya mengefektifkan proses pencapaian tujuan organisasi. Oleh karena itu, masalah dan kesulitan yang dihadapi dalam rekrutmen harus diantisipasi dan ditangani secara memuaskan sambil tetap bekerja menuju tujuan organisasi.

Apa tips sukses wawancara?

1. Bagaimana cara menyarankan orang-orang yang berhadapan dengan jawaban kami, meskipun kami telah menjawab dengan jujur? Dalam proses wawancara, ini dapat terjadi, tetapi kami, lebih banyak kandidat untuk memberikan jawaban yang jujur. Mungkin pewawancara dalam tes jujur ​​Anda, saya sarankan Anda berada dalam jawaban yang sama ketika jawabannya tidak percaya diri. Terus berusaha meyakinkan, menambahkan jawaban lain yang memperkuat jawaban.

2. Kecantikan memang sangat penting dalam proses wawancara, karena ini juga  yang menjadi nilai pewawancara selama proses wawancara. Namun yang dimaksud dengan cantik tidak dilihat dari postur fisiknya, kecuali untuk pekerjaan dengan spesifikasi tertentu, seperti satpam. Jadi, yang dimaksud tampan adalah tentang penampilan saat wawancara, dandanan atau tidak, usaha untuk tidak berambut panjang bagi laki-laki, dan biasanya ciri penampilan yang lain  adalah terpotong.

3. Ketahui posisi  yang kamu lamar

4. Tepat waktu,  sopan saat wawancara dan tunjukkan sisi unikmu!.

 

Daftar Pustaka:

Roestam, Rusdianto, dkk. (2022). PELATIHAN TIPS SUKSES MELAMAR KERJA BAGI GENERASI MILENIAL. Jurnal Pengabdian Masyarakat TRI PAMAS. 4(1). 6-8. Di akses pada 18 April 2022

Rosita, Rahmi, dkk. (2021). TEKNIK JITU MEMENANGKAN TAHAPAN TES WAWANCARA KERJA DI PERUSAHAAN. Jurnal Abdimas PLJ. 1(2). 49-50. Di akses pada 18 Apr. 22

Sumber Gambar:

www.pujihartono.id

 

0 komentar:

Posting Komentar