29.4.22

MENJAGA DIRI DARI PERILAKU AGRESIF

PSIKOLOGI SOSIAL

Semester genap T.A. 2021/2022

Oleh : 

Ayu Pramesty Dwi Anggraini (21310410102)

Kelas Reguler (A)

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Essay Pra-syarat Ujian Tengah Semester Psikologi Sosial

Dosen Pengampu : Dr., Dra. Arundati Shinta MA


Hidup adalah perjalanan yang terus berjalan sampai seseorang manusia. Manusia tak luput dari sikap maupun perilaku yang negative seperti Agresivitas/ Agresif. Entah kita yang mempunyai sikap agresif maupun orang lain. Moore & Fine (Koeswara, 1988) menjelaskan agresivitas dibagi menjadi dua bagian, yaitu agresivitas fisik dan agresivitas verbal. Agresivitas secara fisik meliputi kekerasan yang dilakukan secara fisik, seperti memukul, menampar, menendang dan lain sebagainya. Lalu bagaimana jika kita bertemu dengan orang yang memiliki sikap agresif cara apa uyang diperlukan untuk menghindari kejadian tak terduga yang disebabkan orang agresif.

Mengahadapi  seseorang yang berperilaku agresif memang tidak mudah apalagi kita akan kena dampaknya dan sangat berbahaya tetapi kita perlu memperbaiki apa yang rusak meskipun sulit. Banyak factor yang mempengaruhi seseorang melakukan perilaku negative ini. Baiknya kita mengahadapinya dengan tenang.

Ada salah satu jurnal yang melakukan penelitian tentang remaja yang melakukan Tindakan Agresivitas judul jurnalnya adalah “Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) untuk Pencegahan Agresivitas Siswa” oleh Annike Putri Wulandari. 2020. Disini ia menjelaskan cara mencega perilaku agresif yaitu dengan Determinasi Diri (Self Determination). Determinasi diri dalam prespektif psikologi mendefinisikan determinasi diri sebagai kapasitas seseorang untuk memilih dan memiliki beberapa pilihan untuk menentukan suatu tindakan atau dikatakan kebulatan tekad seseorang atau ketetapan hati seseorang pada suatu tujuan yang hendak dicapainya (Mamahit, 2014). Saat kita berhadapan dengan orang agresif kita perlu tetap tenang. Karena perilaku agresif ini bisa diatasi dengan Determinasi Diri. Saat kita tenang kita harus berusaha menenangkan orang tersebut. Jika hal ini terjadi dilingkungan sekolah kita bisa memberitahu kepada Guru Bimbingan Konseling supaya oraang yang agresif tersebut dibantu supaya tidak melakukan agresivitas. Jangan lupa meminta tolong jika memang perilaku agresifnya bisa membahayakan kita.

Manusia bisa merubah sikap menjadi lebih baik lagi jika ada dorongan didirinya sendiri maupun dukungan dari orang lain dan linkungan. Kita perlu bersikap tenang menghadapi orang yang agresif jika memang terdesak kita perlu cari bantuan. Jangan sampai kita memancing perilaku negative seseorang muncul.

 

DAFTAR PUSTAKA

Wulandari, A. P. (2020). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dalam Peningkatan Determinasi Diri (Self Determination) Untuk Pencegahan Agresivitas Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Sumber Foto. https://wislah.com/wp-content/uploads/2021/04/Perilaku-Agresif.png

0 komentar:

Posting Komentar