28.4.22

PENTINGNYA MOTIVASI

 




PSIKOLOGI SOSIAL
Essay 2
Semester 2 T.A 2021/2022
Oleh: Putri Dahliani (21310410110)
FAKULTAS PSIKOLOGI
Kelas Reguler
UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA
Dosen: Dr. Arundati Shinta, M.A


Sebagai manusia biasa rasa lelah dan penat terkadang membuat semangat seseorang menurun. Motivasi dalam diri kurang sehingga penyelesaian sebuah pekerjaan menjadi tertunda. Sebaliknya, seseorang yang memiliki dorongan kuat secara psikologis akan memacu semangat dan motivasi untuk mengerjakan tugas tersebut. Manfaat dan pentingnya motivasi yang perlu diketahui agar setiap orang bisa melakukan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik. motivasi memiliki manfaat besar baik untuk diri sendiri dan orang lain. Tidak ada dampak negatif dari semangat yang menggebu selain dorongan kuat untuk senantiasa bekerja lebih baik. Peningkatan positif pada setiap aspek pekerjaan menjadi contoh konkrit kalau seseorang sangat bersemangat.
Motivasi adalah serangkaian sikap dan nilai-nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesuai tujuan individu. Sikap dan nilai tersebut merupakan suatu invisible yang memberikan kekuatan untuk mendorong individu dalam mencapai tujuan. Selain itu motivasi dapat diartikan sebagai dorongan individu untuk melakukan tindakan karena mereka ingin melakukannya. Apabila individu termotivasi, mereka akan membuat pilihan yang positif untuk melakukan sesuatu karena dapat memuaskan keinginan mereka.
Manfaat motivasi untuk diri sendiri antara lain bisa menjadi pendorong perbuatan Anda. Saat Anda merasa malas mengerjakan tugas dari kantor, bakal berpikir ulang mengenai dampak negatif pekerjaan tersebut tidak selesai tepat waktu. Tentu akan menyusahkan diri sendiri dan rekan kerja, bukan? Oleh sebab itu motivasi mengerjakan proyek tepat waktu mampu memberikan dorongan bagi seorang karyawan menyelesaikan semua tanggung jawabnya. Motivasi juga berpengaruh sebagai pendorong perbuatan dan mengarahkan Anda mencapai tujuan. Meski merasa lelah, penat dan stress, berkat motivasi yang kuat membuat Anda tidak pantang menyerah dan menyelesaikan pekerjaan. Alam bawah sadar akan terus mengingatkan diri sendiri untuk bekerja mencapai tujuan yang diinginkan. Manfaat dan pentingnya motivasi yang diterapkan ini akan mendorong jiwa yang lebih positif dan produktif.
Selain itu motivasi yang kuat pada diri sendiri juga bermanfaat untuk orang lain. Setidaknya Anda yang memiliki motivasi kuat tidak akan merepotkan orang lain sebab memiliki tekad menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Hal ini tentu membuat efisiensi pekerjaan lebih bagus sehingga orang lain juga akan senang dengan kinerja Anda. Siapa tahu Anda bisa menularkan semangat motivasi ini pada orang lain. Bagi pekerja team, motivasi ini akan mendorong anggota tim bekerja lebih baik lagi.

Daftar pustaka
https://www.pranataprinting.com/manfaat-dan-pentingnya-motivasi-yang-perlu-diketahui
http://repository.um-surabaya.ac.id/1297/3/BAB_II.pdf




0 komentar:

Posting Komentar