23.4.22


PENGARUH COVID-19 TERHADAP KARYAWAN


Pengaruh Covid-19 Terhadapa Karyawan
Psikologi Industri dan Organisasi
Essay II
Rahayu Nur Kholifah (21310410079)
Fakultas Psikologi 
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 
Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A


Adanya pandemic COVID-19 telah menyebabkan berbagai macam masalah serius di seluruh sector kehidupan masyarakat. Baik dari masalah ekonomi, politik, social dan juga ketenagakerjaan. Semenjak pandemic ini terjadi, banyak istilah baru yang bermunculan dan perlu kita pahami agar tidak menimbulkan persepsi yang keliru.

COVID-19 adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Beberapa jenis corona diketahui dapat menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia dan gejalanya disertai dengan batuk pilek sampai pada gejala yang lebih serius.

Gejala COVID-19 yang sering terjadi adalah demam, batuk kering, pilek, diare dan sakit tenggorokan. Sekitar 80% orang yang terinfeksi berhasil pulih tanpa perlu perawatan khusus. Orang-orang lanjut usia disertai memiliki keluhan sakit bawaan sebelumnya, kemungkinan lebih besar mengalami sakit lebih serius karena infeksi virus.

Akibat pandemic ini, banyak sekali karyawan-karyawan yang bekerja di beberapa perusahaan mengalami masalah seperti di PHK, pengurangan gaji karyawan, kurangnya lapangan pekerjaan. Hal tersebut merupakan masalah terbesar bagi para karyawan di masa pandemic ini. Banyak kebutuhan hidup yang harus dipenuhi,tetapi situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan membuat para pekerja harus melakukan WFH ( Work Frome Home ). Tidak hanya itu, banyak pengurangan karyawan karena beberapa perusahaan yang berhenti karena terhambat akibat pandemic.

Work from home sendiri  adalah sebuah konsep kerja dimana karyawan dapat melakukan pekerjaanya dari rumah. Kondisi WFH ditengah wabah corona dapat dikaitkan dengan ketentuan Pasal 86 ayat (1) huruf a Undang-undang Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan.

Tidak hanya itu, bahkan produktivitas ketenagakerjaan pun  menurun akibat adanya pandemic covid-19, Pemberlakuan Work from Home (WFH) oleh pemerintah dianggap sebagai salah satu metode yang efektif dalam upaya memutus rantai penyebaran Virus Covid-19. Hal ini membuat berbagai instansi baik swasta maupun organisasi menetapkan bekerja di rumah pada karyawan mereka. pandemi Virus Covid-19 memiliki pengaruh terhadap produktivitas kerja, etos kerja, dan motivasi karyawan. Namun begitu, pengaruh tersebut juga didasarkan pada beberapa faktor berdasarkan pada sikap karyawan ketika bekerja.




Referensi : 

Setiawan Ns, Fitrianto Ar. (2021), Jurnal Ilmu Pendidikan. Pengaruh Work From Home.

Syahrial S. (2020), Jurnal Universitas Pahlawan. Dampak Covid 19 Terhadap Tenaga Kerja.




0 komentar:

Posting Komentar