5.1.22

Perubahan Diri : Bentuk Tubuh Ideal dengan Olahraga Senam Cardi Dance Bersama Adik Usia PAUD

Perubahan Diri : Bentuk Tubuh Ideal dengan Olahraga Senam Cardi Dance Bersama Adik Usia PAUD

 

Nama : Maily Qisti Rofiq / 19310410095

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                                                                    

Setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda-beda. Meskipun begitu, memiliki tubuh ideal adalah impian setiap orang terutama bagi wanita. Kriteria kecantikan yang diterapkan di Indonesia harus tinggi, putih, memiliki tubuh yang ideal. Sehingga memiliki tubuh yang ideal merupakan impian. Memiliki berat badan ideal lebih mengacu pada keadaan tubuh yang sehat. Pasalnya, memiliki berat badan yang berlebih memiliki dampak yang kurang baik terhadap kesehatan tubuh. Begitu pun dengan berat badan yang terlalu ringan.

Dikutip dari hallosehat.com, berat badan ideal adalah berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada tinggi badannya. Berat badan inilah yang akan memberikan angka harapan hidup paling tinggi bagi Anda. Meskipun tinggi badan merupakan patokan utama, Anda perlu juga mempertimbangkan sejumlah faktor lain untuk menilai apakah berat badan Anda termasuk sehat. Faktor-faktor tersebut mencakup jenis kelamin, usia, bentuk tubuh, dan massa otot.

Mendapatkan tubuh ideal membutuhkan usaha. Tuntutan tubuh ideal menjadikan kebanyakan orang memilih jalan pintas dengan mengkonsumsi berbagai macam obat-obatan yang tidak menyehatkan bagi tubuh. Sehingga tidak jarang, seseorang yang mengharapkan bentuk tubuh ideal dengan jalan pintas tidak sehat. Padahal membentuk tubuh yang indah dan sehat tentunya dilakukan dengan cara yang sehat pula dengan pola hidup yang sehat seperti rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat. Dengan melakukan olahraga setiap hari akan menjadikan tubuh terlihat lebih sehat dan segar.

Cash, 2011 (dalam Risa Juliadilla 2017) menyatakan bahwa citra tubuh merupakan evaluasi dan pengalaman afektif seseorang terhadap karakteristik dirinya, bisa dikatakan bahwa investasi dalam penampilan merupakan bagian utama dari evaluasi diri seseorang. Cash & Pruzinsky (2002) menambahkan bahwa penilaian mengenai citra tubuh dapat berupa sikap yang dimiliki individu terhadap tubuhnya yang dapat berupa penilaian positif dan negatif. Individu dapat menilai dan mengambil sikap terhadap citra tubuhnya dengan mengalami kepuasan hingga ketidakpuasan.

Komponen citra tubuh yang dikemukakan oleh Cash (2002) ada lima, yaitu; 1) Appearance Evaluation, yaitu penilaian individu mengenai keseluruhan tubuh dan penampilan dirinya, apakah menarik atau tidak menarik, memuaskan atau tidak memuaskan. 2) Appearance Orientation, perhatian individu terhadap penampilan dirinya dan usaha yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan penampilan dirinya. 3) Body Areas Satisfaction, yaitu kepuasan individu terhadap bagian tubuh secara spesifik, seperti wajah, rambut, payudara, tubuh bagian bawah (pinggul, pantat, kaki), tubuh bagian tengah (pinggang, perut), dan keseluruhan tubuh. 4) Overweight Preocupation, yaitu kecemasan menjadi gemuk, kewaspadaan individu terhadap berat badan, melakukan diet ketat, dan membatasi pola makan. 5) Self-Clasified Weight, yaitu persepsi dan penilaian individu terhadap berat badannya, mulai dari kekurangan berat badan sampai kelebihan berat badan (Cholidah, 2015).

Perubahan Diri 1

Perubahan diri pertama dilakukan pada tanggal 10 November 2021 di pagi hari. Dimana perubahan diri ini yaitu dengan senam Cardio Dance membentuk tubuh ideal dengan menggunakan panduan youtube Salsalivefit dengan durasi 10 menit. Meskipun durasi yang sebentar, namun mampu membuat keringat. Selain itu, olahraga ini tidak hanya dilakukan sendiri, tetapi mengajak adik yang masih PAUD. Mengajak anak usia PAUD untuk melakukan senam cukup sulit dan gerakan yang dilakukan belum tepat, namun dengan mengajaknya mampu menanamkan dalam diri anak untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga.

Melakukan senam pertama kali memang cukup membuat tubuh merasa kelelahan, beberapa anggota tubuh terasa sakit seperti bagian paha, betis, dan perut. Namun, dengan melakukan senam saya merasakan beberapa manfaat seperti nafsu makan naik, menjadi lebih bersemangat menjalani kegiatan sehari-hari,dan menjadikan mood lebih baik.

Perubahan Diri 2

Perubahan diri kedua dilakukan pada tanggal 11 November 2021 di waktu pagi hari degan ditemani oleh anak kelas 1 Sekolah Dasar. Perubahan diri kedua masih dengan menggunakan metode yang sama yaitu Senam Cardio Dance dari youtube Salsalivefit deang durasi yang pendek yaitu 10 menit. Senam Cardio Dance memang menjadi senam favorit saya karena selain mampu membuat tubuh ideal juga mampu membentuk tubuh menjadi lebih bagus seperti yang diharapkan oleh banyak para wanita.

Senam kedua tidak seberat senam pertama kali. Dimana disenam kedua ini, otot-otot mulai terbiasa dengan kegiatan sehingga tubuh tidak terlalu terasa sakit. Manfaat yang didapatkan setelah melakukan senam, nafsu makan semakin baik sehingga mampu menambah berat badan ½ kg dari berat badan sebelumnya hanya 45 kg, perubahan yang dirasakan memang belum terlihat tetapi mulai ada penambahan pada berat badan. Mood menjadi lebih baik, menjadi lebih bersemangat menjalani aktivitas, dan tidur menjadi lebih nyenyak..

Perubahan Diri 3

 Perubahan diri ketiga kalinya dilakukan pada tanggal 12 November 2021 di waktu pagi hari ditemani oleh adik usia PAUD. Perubahan diri masih sama yaitu senam Cardio Cance yang tetap dilakukan dari rumah. Senam ketiga kalinya terasa lebih ringan karena otot mulai terbiasa dengan aktivitas senam. Namun, diperubahan diri ketiga ini, senam yang dikakukan tidak hanya Cardio Dance saja tetapi ada tambahan Cool Down yang bertujuan untuk menenangkan otot setelah melakukan berbagai gerakan yang berat agar otot bisa lebih rilex. Senam ini tetao menggunakan panduan youtube Salsalivefit.

Perubahan yang dirasakan pada senam ketiga ini yaitu tubuh lebih rilex dan terasa ringan, lebih segar, lebih bersemangat menjalani aktivitas, mood yang semakin baik, tidur lebih nyenyak, badan lebih terlihat pada dan kulit terlihat lebih bersih dan sehat, serta nafsu makan yang semakin baik sehingga berat badan bertambah menjadi 46 kg. Penambahan berat badan 1 kg dalam 3 haru merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan, karena pada dasarnya saya merupakan tipe orang sangat sulit dalam menambah berat badan walaupun hanya 1 kg.

Perubahan Diri 4

Perubahan keempat yang dilakukan pada 14 November 2021 pagi hari. Perubahan diri tetap sama dengan menggunakan senam Cardio Dance untuk membentuk tubuh dan Cool Down untuk menenangkan otot setelah berolahraga. Pada hari keempat ini, berat badan bertambah menjadi 47 kg, dan manfaat yang terus dirasakan sama seperti hari-hari sebelumnya. Dari perubahan dan manfaat yang benar-benar saya rasakan memacu semangat untuk terus melakukan perbaikan diri sampai target yang ingin dicapai.


Perubahan Diri 5

Perubahan hari kelima yang dilakukan pada 15 November 2021 di sore hari dengan menggunakan senam yang sama. Melakukan senam di sore hari sama bagusnya melakukan di pagi hari. Manfaat yang didapatkan setelah melakukan senam makin terasa seperti kulit yang terlihat semakin sehat, bersih, kencang dan berat badan yang terus bertambah dan badan semakin padan dan badan mulai terbentuk seperti idaman kebanyakan wanita.



Perubahan Diri 6

Perubahan hari keenam yang dilakukan pada 18 November 2021 di sore hari dengan menggunakan senam yang sama. Manfaat dan perubahan yang dirasakan semakin baik. Bentuk tubuh ideal yang diharapkan mulai terlihat dengan terus bertambahnya berat badan menjadi 48 kg dengan tinggi 158 cm. Orang-orang mulai menyadari perubahan pada diriku.



Perubahan Diri 7

Perubahan hari ke tujuh yang dilakukan pada 19 November 2021 di sore hari dengan menggunakan senam yang sama. Manfaat dan perubahan yang dirasakan semakin baik. Bentuk tubuh ideal yang diharapkan semakin terlihat.



Perubahan Diri 8

Perubahan hari ke tujuh yang dilakukan pada 20 November 2021 di sore hari dengan menggunakan senam yang sama. Manfaat dan perubahan yang dirasakan semakin baik. Bentuk tubuh ideal yang diharapkan semakin terlihat. Sampai pada kegiatan yang kedelapan ini, berat badan saya telah mencapai 49 kg. Pertambahan berat badan yang angar drastis yang mana sebelumnya sangat sulit untuk saya capai karena tidak diimbangu dengan usaha yang konsisten.

Perubahan diri yang dilakukan sebanyak 8 kali dengan terus secara konsisten memberikan perubahan yang cukup instan dan seperti apa yang diharapkan. Pertambahan berat badan yang sebelumnya sangat sulit, namun dengan melakukan kegiatan secara konsisten memberikan hasil yang sangat baik. Bentuk tubuh ideal yang diharapkan akhirnya terwujud hanya dengan melakukan senam cardi dance untuk membentuk tubuh dan cooldown untuk meregangkan otot-otot setelah melakukan senam cardio dance. Selain senam, merutinkan meminum jamu untuk menambah nafsu makan. Kedua kegiatan ini, selalu dilakukan secara konsisten. Sampai saat ini, kegiatan perubahan diri dengan senam masih rutin saya lakukan untuk tetap menjaga bentuk tubuh yang ideal seperti yang saya harapkan.

VA dari kegiatan ini yaitu dengan mengajak adik yang masih usia PAUD untuk melakukan senam bersama dari rumah. Maskipun masih kecil, namun melakukan senam juga mampu menjadikan tubuh anak lebih sehat sehingga pertumbuhan anak menjadi lebih baik.

 

Referensi

Juliadilla, R. 2017. Dinamika Psikologis Perubahan Citra Tubuh pada Wanita Saat Kehamilan.  Intuisi Jurnal Psikologi Ilmiah, Vol. 9, No. 1

https://hellosehat.com › nutrisi › cara-menghitung-berat...

0 komentar:

Posting Komentar