6.1.22

PENTINGNYA MENTORING DALAM METODE TRAINING UNTUK MELATIH KARYAWAN BARU

 

Essay Ini Adalah Syarat Untuk Ujian  Akhir Psikologi Manajemen dan Organisasi

(Semester Genap 2021/2022)

Imanuel Deo S. 

 ( 20310410023 )


Kelas B (Paralel)

Fakultas Psikologi


Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, M.A


     Kita tidak selalu dapat mempekerjakan seseorang yang memiliki keahlian yang tepat seperti yang kita cari untuk pekerjaan tertentu dalam suatu organisasi atau perusahaan. Itulah mengapa penggunaan metode pelatihan kerja begitu penting.  Ketika mempekerjakan seseorang yang cepat belajar dan mudah beradaptasi, maka mudah untuk melatih mereka mempelajari keterampilan khusus yang perlu mereka ketahui untuk keadaan khusus. Namun, mengetahui metode terbaik untuk melatih karyawan adalah penting. Apabila kurang memahami mungkin akan membuang-buang waktu dengan teknik yang tidak efektif dan hasilnya pun tidak akan berkembang banyak.  Dalam hal ini, kita akan membahas  metode pelatihan kerja dan melihat bagaimana sistem pengelolaan ketrampilan karyawan. Mentoring, mentoring atau program pendampingan adalah cara untuk melatih karyawan baru saat mereka sedang baru memasuki dunia kerja ditempat yang baru. Ini melibatkan anggota staf mengambil inisiatif dalam pengembangan karyawan baru, tidak hanya akan memberikan dukungan teknis tetapi juga dukungan emosional.  Ini membantu karyawan baru baik secara profesional dan juga dengan membangun keterampilan kerja tim kita, biasa kita sebut mentor. Mentor adalah seseorang yang bermitra dengan karyawan baru selama 1-3 bulan pertama bekerja.  Mereka memberi saran dan bimbingan untuk membantu mendorong dan mempromosikan pengembangan profesional karyawan baru. Mentor bisa menjadi solusi, dan dapat menjadi sumber nasihat dan dorongan yang efektif. Mentor memberi pengalaman dalam bentuk pelatihan dan sosialisasi karyawan baru ke perusahaan, dan dengan mentor yang efektif, karyawan baru akan dengan cepat menjadi anggota yang berkontribusi disuatu organisasi atau perusahaan.

     Manfaat program mentoring yang baik dirasakan oleh kedua belah pihak.  Mentor merasa mereka memberikan sesuatu yang berharga dengan berbagi akumulasi pengetahuan dan pengalaman.  Mereka memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri mereka sendiri melalui membantu orang lain dan mempertahankan atau menciptakan perspektif yang efektif. Karyawan baru akan memiliki akses ke saran dan bimbingan yang tepat, dorongan serta motivasi yang dapat membentuk mental dan ketrampilan karyawan baru. Hubungan antara mentor dengan karyawan baru  ke organisasi akan efektif karena mereka akan mendapat bantuan dalam memahami budaya organisasi. Berikut adalah beberapa manfaat dalam metode training mentoring atau program pendampingan mentor kepada karyawan baru dalam suatu organisasi atau sebuah perusahaan. Membantu mencapai tujuan pengembangan bakat mereka seperti perencanaan suksesi dan memastikan pengembangan kepemimpinan yang solid. Memberi pengetahuan dan pengalaman semua orang di seluruh perusahaan bahwa pimpinan bersedia memfasilitasi pada karyawan baru. Meningkatkan upaya kemampuan bakat dan minat, karyawan baru menyadari peluang pengembangan karir organisasi. Menumbuhkan mental kuat karyawan, yang dapat menyebabkan penurunan tingkat turnover atau kerugian. Menghasilkan pengurangan biaya pelatihan melalui interaksi satu dengan yang lainnya. Itulah mengapa mentoring merupakan salah satu aspek penting dalam metode training untuk karyawan baru dalam suatu organisasi atau perusahaan.

 

Sumber referensi : http://samahitawirotama.com/program-mentoring/ (diakses pada Hari Kamis 6 Januari 2022, pukul 11.30 WIB)

 

    

0 komentar:

Posting Komentar