4.1.22

Memperbaiki Diri Agar Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik


 Inry Riyanty Pieter/ 19310410077

Tugas Essay Psikologi Inovasi 

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta. MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta 


Setiap manusia pasti melalui proses belajar demi menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satunya dengan cara memperbaiki diri. Memperbaiki diri merupakan sebuah proses mengubah diri menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

Ada banyak alasan mengapa kamu perlu memperbaiki diri. Karena sejatinya, manusia adalah tempat salah dan khilaf. Bisa saja, kamu secara tidak sengaja sering menyakiti hati seseorang karena pribadimu yang blak-blakan hingga membuat kamu dijauhi orang-orang. Jika kamu mengalaminya, sudah saatnya kamu memperbaiki diri. Pikirkanlah perkataan apa yang membuat orang lain sakit hati padamu.

Dengan memperbaiki diri, kamu dapat menyadari kekurangan yang kamu miliki dan memperbaiki kesalahan yang telah kamu perbuat. Kamu juga tidak akan mudah merendahkan dan menyalahkan orang lain sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih bijaksana dan bertanggung jawab.

Ada berbagai macam cara bagi kamu untuk memperbaiki diri yang RoomMe rangkum berikut ini.

1. Kenali Kelemahan Diri Sendiri

Mengenali kelemahan orang lain memang mudah, tapi apa mengenali kelemahan diri sendiri sama mudahnya? Mengenali kelemahan diri sendiri merupakan salah satu proses untuk mengembangkan diri. Jika kamu sudah mengenali kelemahan diri, saatnya kamu menjadikan kelemahan tersebut sebagai penyemangat dan berjuang meraih semua cita-cita. Jangan justru menjadikan kelemahan diri sebagai alasan untuk mundur dan berhenti berusaha.

2. Sadari Letak Kesalahan

Kamu sedang dalam rasa bersalah karena menyakiti orang lain? Sebagai langkah pertama, kamu harus menyadari dimana letak kesalahan kamu hingga membuat orang lain menjauhimu. 

Namun kamu harus tau benar mana hal salah dan mana hal yang benar. Karena semua hal yang kamu anggap benar belum tentu dinggap benar oleh orang lain begitu juga sebaliknya, hal yang kamu anggap salah bisa saja dianggap hal wajar oleh orang lain.

Seperti misalnya, kamu menganggap wanita pulang malam adalah hal tidak wajar, diluar sana banyak yang berpikiran sebaliknya. Karena diluar sana banyak wanita yang harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya yang tak jarang mengharuskan mereka untuk pulang malam.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu dapat dengan mudah menemukan kesalahan yang telah kamu perbuat.

3. Kemauan Untuk Berubah Menjadi Lebih Baik Memperbaiki diri dilakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Jika dalam diri kamu tidak ada kemauan untuk menjadi orang yang lebih baik, maka proses memperbaiki diri kamu tidak akan berhasil.

Hilangkan semua kebiasaan buruk yang dapat menyakiti orang lain. Misalnya jika kamu memiliki kebiasaan berbicara blak-blakan, maka belajarlah untuk memilah tata kata agar tidak menyakiti orang lain. Dan jangan lupa berpikirlah dua kali sebelum mengeluarkan kritik terhadap orang lain.

4. Konsultasi Dengan Orang Terdekat

Jika mengenali kelemahan diri sudah dilakukan, tidak ada salahnya kamu bertanya ke orang terdekat mengenai kelemahan dan kekurangan yang ada dalam diri kamu. Kamu bisa meminta saran dari sahabat ataupun keluarga. Karena orang-orang terdekat, biasanya sangat mengenal diri kamu luar dalam. Dan mereka tentu akan memberikan saran-saran yang dapat berguna demi kebaikan kamu.

5. Berjanji Untuk Tidak Mengulangi Kesalahan

Jika kamu sudah tau dimana letak kesalahanmu, maka kamu harus berjanji untuk tidak lagi mengulangi kesalahan tersebut. Kamu juga harus berkomitmen untuk terus menjalankan semua kebiasaan baik, agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga tidak ada lagi orang yang akan sakit hati karena perbuatanmu.


Referensi :

https://m.merdeka.com/jatim/muhasabah-adalah-evaluasi-terhadap-diri-sendiri-agar-lebih-baik-ini-selengkapnya-kln.html 

https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/download/13391/9602 

http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/PSYCHOIDEA/article/view/3363/2081 

0 komentar:

Posting Komentar