7.1.22

DAMPAK POSITIF KAITAN MANUSIA DENGAN ALAM

 

ESSAY NARASI FOTO PSIKOLOGI INOVASI

ELECTRA ALNURIN/ 19310410004

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta M.A

FAKULTAS PSIKOLOGI

UNIVERSITAS PROKLAMASI 45 YOGYAKARTA

Magelang memiliki banyak sekali kawasan wisata, salah satunya adalah yang berada di lereng bagian Tenggara dari Gunung Sumbing. Tempat wisata ini bernama Silancur, dimana panorama alam yang ditawarkan sangatlah indah. Objek wisata Silancur ini terletak di Dusun Dadapan, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Selain memiliki Nepal Van Java, ternyata Kaliangkrik juga memiliki destinasi unggulan seperti halnya Silancur ini. Tentunya ada banyak sekali hal menarik yang bisa Anda dapatkan jika berkunjung ke Silancur ini.

Silancur Highland merupakan sebuah bukit yang mana memiliki beberapa atraksi wisata yang sangat menarik. Disini juga terdapat taman bunga serta spot foto instagramable yang berlatar belakangkan pegunungan yang sangat indah. Tempat wisata ini merupakan sebuah bukit yang menawarkan keindahan alam di kaki Gunung Sumbing. Bentang alam yang luas berupa barisan gunung, area sawah, rumah-rumah pedesaan menjadi daya tarik dari tempat yang baru berdiri pada 2017 ini.



Manfaat yang ditimbulkan oleh adanya rekreasi alam yaitu tenaga segar dan gairah rasa tenang bagi mereka (lebih kepada kaum pekerja dan rakyat banyak) yang tiap harinya harus membanting tulang dan memeras keringat untuk kehidupan sanak keluarga mereka (Pendit, 2004). Mencari suasana baru yang berbeda dengan suasana rutinitasnya sehari hari atau refresing untuk menghilangkan rasa lelah, jenuh, stres/beban pikiran dan masih banyak lagi tujuan lainnya (Nandhi, 2008). Kehadiran sebuah suasana tertentu diharapkan dapat mengurangi faktor stress yang dialami oleh individu yang sedang menjalani proses penyembuhan. Hasilnya membuktikan bahwa tidak hanya lingkungan alamiah tetapi juga lingkungan buatan memiliki pengaruh dalam menciptakan suatu kesatuan lingkungan yang kondusif bagi proses penyembuhan tidak hanya kondisi fisik tetapi juga psikis. Kondisi psikis yang prima secara langsung maupun tidak langsung akan memberi stimulus positif terhadap kondisi fisik seseorang sehingga mempercepat berlangsungnya proses penyembuhan (Dimensi Interior, Desember,2008:141).

Bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota besar dengan gedung-gedung tinggi yang menjulang, rasanya hampir mustahil untuk bisa menikmati pemandangan hijau, birunya laut atau suasana pegunungan yang udaranya sejuk setiap hari. Sebaliknya, sibuknya aktivitas dan rutinitas setiap hari seakan selalu menuntut performa diri menjadi serba cepat sehingga istirahat dan menjauh sejenak dari hal-hal rutin adalah bagian dari harapan terbesar. Masyarakat di kota-kota besar hampir kesulitan untuk berinteraksi dan merasa terhubung dengan alam. Padahal, interaksi dengan alam terbukti mampu meningkatkan kualitas kesejahteraan mental seseorang.

Diantaranya membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan mood positif seperti perasaan bahagia dan nyaman, serta mampu mengurangi emosi negatif misalnya cemas. Pada ranah kognitif seseorang yang terhubung dengan alam cenderung  lebih fokus, produktif, serta mampu merefleksikan masalah di kehidupan sehari-hari dengan lebih baik. Selain itu, adanya rasa keterikatan dengan alam bisa membantu seseorang dalam memahami kesadaran untuk menjaga lingkungan. Dalam sebuah studi disebutkan juga bahwa adanya interaksi yang baik dengan alam akan meningkatkan keinginan seseorang dalam beraktivitas di luar ruangan. Hal ini berdampak positif tidak hanya dari kesehatan mental saja, tetapi juga kesehatan fisiknya. Dengan banyak beraktivitas di alam terbuka, maka seseorang dapat menghirup udara yang lebih segar dan kaya oksigen, mendapatkan paparan mikroba yang baik serta mampu meningkatkan kemampuan bersosialisasi ketika aktivitas di alam dihabiskan bersama dengan orang-orang terdekat.

Daftar Pustaka :

Apritasari JA, Astuti LP, Suratih K. Persepsi Wartawan Tentang Wisata Alam Dalam Menurunkan Tingkat Stress Di Candi Gedongsongo Semarang. STIKES Karya Husada Semarang,

Kurniawati F. 2007. Peran Healing Environment Terhadap Proses Penyembuhan. Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

https://amp.kompas.com/travel/read/2020/10/01/153000427/cara-menuju-silancur-highland-magelang-dan-harga-tiket-masuknya

https://bob.kemenparekraf.go.id/114946-serunya-berlibur-ke-silancur-highland-magelang/

0 komentar:

Posting Komentar