8.1.22

BUKALAH MATA

 Keindahan Alam Yang Jarang Disadari 



Oleh Danang Wahyu Saputro

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta, MA
Essay ini ditulis untuk pemenuhan Ujian Akhir Semester
mata kuliah Psikologi Menejemen Dan Organisasi

Terkadang kita dibutakan oleh keadaan sehingga tidak menyadari bahwa disekitar kita terdapat surga dunia yang begitu menakjubkan, keindahan alam yang begitu luar biasa indahnya.
Pemandangan alam bisa apa saja, mulai matahari terbenam, hamparan lautan lepas, hingga melihat bunga-bunga yang indah di ladang sembari jalan-jalan.
Melihat pemandangan yang indah tak hanya sekadar mencuci mata. Otak pun akan terasa bebas dari beban pikiran yang selalu menghantui.
Tak bisa dimungkiri, otak yang jenuh akan berdampak buruk pada kinerja dan motivasi. Mengembalikan mood dan semangat bekerja dengan melihat pemandangan yang indah bisa menjadi solusi.
Kawasan wisata perbukitan Nawungan di Kabupaten Bantul mungkin belum akrab sebagai destinasi wisata pilihan saat ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Tapi kawasan itu sebenarnya punya beragam potensi alam menarik yang bisa dikembangkan.
Pemerintah Kabupaten Bantul tengah mengembangkan kawasan itu sebagai agrowisata. Sebab, perbukitan itu memiliki lahan pertanian bawang merah milik warga setempat.
"Konsep agrowisata Nawungan dilakukan dengan penggabungan empat fungsi, yaitu produksi, edukasi, wisata, dan konservasi agro," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Yus Warseno, Jumat, 2 April 2021.

Fungsi produksi yang dimaksud adalah kawasan itu merupakan sentra produksi budidaya bawang merah 'Glowing' semi organik dengan seluas 140 hektare. Selanjutnya fungsi edukasi sebagai pusat pendidikan lingkungan hidup serta pendidikan pertanian khususnya komoditas bawang merah semi organik.
Tak sekadar agrowisata, Nawungan menawarkan sejumlah potensi wisata lain. Di sana ada rest area, spot melihat pemandangan sunset (matahari tenggelam) dan gemerlapnya lampu Kota Yogyakarta dan sekitarnya dari atas bukit pada waktu malam hari.
Dengan ragam pesona itu, kawasan wisata Nawungan cocok untuk menjadi destinasi wisata Anda saat mampir ke Bantul.


https://travel-tempo    co.cdn.ampproject.org/v/s/travel.tempo.co/amp/1448773/perbukitan-nawungan-di-bantul-ada-agrowisata-bawang-merah-dan-spot-sunset?

http//kec-imogiri.bantulkab.go.id/desa/selopamioro

https://m.harianjogja.com/jogjapolitan/read/2021/09/13/511/1082626/dibawa-kabur-hasil-panen-petani-nawungan-rp348-juta-belum-juga-dibayar






0 komentar:

Posting Komentar