4.1.22

BERGULAT DENGAN JURNAL-JURNAL ASING

 

Prasyarat UAS Psikologi Inovasi Semester Ganjil 2021/2022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M.A.

ANDI PURNAWAN / 19310410002

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Perkembangan zaman memaksa tiap orang untuk semakin berubah. Perubahan untuk maju diperlukan seiring pesatnya pembangunan berkelanjutan saat ini. Mau tidak mau untuk menciptakan SDM yang unggul tentu harus memiliki keahlian baik hard skill maupun soft skill yang terasah. Salah satu skill yang harus dimiliki pada generasi modern adalah kemampuan komunikasi bahasa asing, dalam hal ini adalah Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional. Bahasa Inggris menjadi jembatan penghubung karir masa depan yang cerah, dengan kata lain kemampuan berbahasa Inggris menjadi sebuah investasi (Handayani, 2016). Tulisan ini merupakan laporan mengenai kegiatan perubahan diri. Penulis menyadari bahwa kemampuan berbahasa Inggris masih lemah, untuk itu kegiatan ini merupakan upaya mengubah kelemahan tersebut dan harapannya menjadi kelebihan.

Kegiatan untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris salah satunya melakukan delapan kali meringkas jurnal berbahasa Inggris. Teknik yang dipakai dalam meringkas jurnal adalah eksplorasi dan elaborasi. Eksplorasi dengan membaca dan memahami inti jurnal dan elaborasi yaitu berdiskusi setelah jurnal selesai diringkas (Purwanto, 2021). Penulis memilih jurnal dengan topik perilaku dan sikap konsumen yang berkaitan dengan isu food waste (sampah makanan). Topik tersebut dipilih selain ada kaitannya dengan perilaku manusia pro-lingkungan, juga didasari karena topik tersebut menjadi calon topik penelitian skripsi penulis. Berikut merupakan delapan kegiatan meringkas jurnal asing yang sebelumnya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

1.    Tanggal meringkas:

26 September 2021

Judul jurnal:

Sikap dan perilaku konsumen terhadap sampah makanan

2.    Tanggal meringkas:

03 Oktober 2021

Judul jurnal:

Limbah makanan, sikap dan perilaku konsumen: Sebuah studi di bagian Timur Laut Italia

3.    Tanggal meringkas:

10 Oktober 2021

Judul jurnal:

Pendekatan perilaku konsumen terhadap sampah makanan

4.    Tanggal meringkas:

17 Oktober 2021

Judul jurnal:

Sampah makanan rumah tangga di Polandia: Sikap konsumen muda dan tua terhadap fenomena sampah makanan yang ditunjukkan oleh mahasiswa dan dosen PULS

5.    Tanggal meringkas:

24 Oktober 2021

Judul jurnal:

Hubungan antara kesadaran akan konsekuensi, kepedulian terhadap lingkungan, dan orientasi nilai

6.    Tanggal meringkas:

31 Oktober 2021

Judul jurnal:

Ukuran porsi saya: Norma konsumsi yang diinduksi ukuran piring dan solusi bersama untuk mengurangi asupan dan limbah makanan

7.    Tanggal meringkas:

7 November 2021

Judul jurnal:

Persepsi, perilaku, dan pengetahuan konsumen tentang sampah makanan di negara bagian pedesaan Amerika

8.    Tanggal meringkas:

21 November 2021

Judul jurnal:

Sebuah studi tentang perilaku konsumen terhadap sampah makanan di Irlandia: Sikap, jumlah dan potensi pemanasan global

Berikut dokumentasi hasil ringkasan 8 jurnal:

                  Suka duka dalam kegiatan meringkas jurnal asing tersebut adalah selalu menemukan teori-teori baru dalam penelitian dan menambah keilmuan psikologi kaitannya dengan sikap dan perilaku konsumen menjadi hal yang paling menyenangkan. Namun sedihnya, dalam menerjemahkan bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia diperlukan usaha dan tenaga yang lebih serta perlu sabar karena setiap kalimat bahasa Inggris tidak bisa diterjemahkan mentah-mentah. Dampak yang dirasakan dari kegiatan ini adalah kemampuan memahami bahasa Inggris meningkat. Sebelum melakukan kegiatan ini, penulis merasa kesusahan baik dari mengeja dan menulis bahasa Inggris. Berjalannya kegiatan ini, kemampuan tersebut sedikit demi sedikit terasah dan daftar vocabulary yang didapat juga semakin bertambah.

Kegiatan meringkas jurnal ini memberikan nilai tambah. Penulis yang merupakan karyawan di suatu restoran mengajak diskusi dengan bagian HRD. Jurnal-jurnal dengan topik perilaku konsumen terhadap sampah makanan, menjadi perbincangan hangat dengan kepala HRD restoran. Penulis mencoba menjelaskan hasil ringkasan dari jurnal-jurnal tersebut sehingga memunculkan kebijakan-kebijakan baru restoran untuk mengurangi permasalahan konsumen yang sering menyisakan makanan. Kebijakan-kebijakan tersebut diantaranya, sistem pelayanan restoran yang awalnya pakai nota menu, sekarang diubah menjadi prasmanan sehingga konsumen bisa mengambil makanan sesuai porsi mereka, selain itu dinding restoran ditempelkan poster yang mengajak konsumen untuk membungkus makanan jika tidak habis makan di tempat.

Manfaat yang didapat dalam meringkas jurnal asing sangatlah banyak. Selain memberikan dampak positif untuk diri juga memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Kegiatan-kegiatan literatur yang menantang ini sangat disayangkan jika berhenti dan tidak ditingkatkan. Penulis berencana untuk meningkatkan kegiatan meringkas jurnal asing dengan topik yang lebih luas sekaligus agar menambah pengetahuan akan keilmuan psikologi.

Referensi:

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, 3(1), 102-106.

Purwanto, A. (2021). Pembelajaran keterampilan membaca teks Bahasa Jerman subtema Arbeitsplätze dengan teknik meringkas pada siswa SMA Kelas XII. Brila: Journal of Foreign Language Education, 1(2), 77-83.

0 komentar:

Posting Komentar