5.1.22

Alam Juga Menyembuhkan

Alam Juga Menyembuhkan

 


Nama : Maily Qisti Rofiq / 19310410095

Dosen Pengampu : Dr. Dra. Arundati Shinta, M.A

Fakultas psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Setiap orang pasti akan mengalami suatu momen ia benar-benar down, patah bahkan hancur berkeping-keping  yang diakibatkan dari kehilangan, kegagalan, atau bahkan penolakan. Sebenarnya saat ini sudah banyak alternatif self-healing maupun meminta bantuan kepada orang yang lebih profesional. Namun, saat ini salah satu cara yang tidak kalah ampuh yang dapat menyembuhkan luka batin yaitu alam.

Pemulihan dialam terbuka berkaitan dengan permasalahan yang dapat diatasi secara kognitif atau logika. Pada dasarnya, manusia mampu mengetahui masalah yang sedang ia hadapi dan cara penyelesaiannya. Namun, terkadang seseorag masih bingung dengan apa yang harus ia lakukan terlebih dahulu dan merasakan hal-hal yang tidak nyaman. Sehingga dengan seseorang pergi ke alam membuat mereka lebih terkontrol dan menemukan jati diri. Hamparan luasnya pepohonan yang hijau mampu menenangkan dan memberikan energi.

Selain itu, alam juga mampu menjadi sebuah inspirasi dalam berbagai hal dengan pepohonannya yang hijau. Beberapa filsuf terkeal seperti Aristoteles dan Plato mendapatkan buah pemikiran terbaiknya pada saat berada diarea kebun pohin zaitun. David Hurst menegaskan bahwa melihat, merasakan, serta menikmati kesejukan alam akan memberi efek self-healing pada seseorang. Warna hijau memang memiliki efek penyembuhan.

Alam memberikan efek kesembuhan dan pepohonan hijau merupakan salah satu komponen alam yang memberikan efek pemulihan. Contoh ketika seseorang yang terus menurus bekerja sehingga tidak jarang seseorang keras pada dirinya sendiri, dikejar deadline, target dengan segala daya yang ada sehingga mampu mendapatkan target tersebut. Jika hal ini terus berlanjut terus-menerus, akan berakibat kejenuhan, stres, kepenatan yang akut. Sehingga dengan memberikan self reward pada diri sendiri salah satunya dengan melakukan healing dengan hamparan alam yang luas dan kaya.


0 komentar:

Posting Komentar