7.1.22

Air Terjun Lepo Dlingo Bantul

Narasi Lomba IG Psikologi Inovasi

Engelbertha Savsavubun 19310410015

Dosen Pengampu: Dra. Arundati Shinta, M..A

Fakultas Psikologi





    Ketika musim kemarau tiba, debit Air Terjun Lepo Dlingo tidak terlalu banyak. Bahkan dari 4 kolam yang berada disini, hanya kolam pertama dan kedua yang berisi air sedangkan kolam ketiga dan keempat kering hingga dasar kolam terlihat. Air yang terjun dari kolam pertama ke kolam kedua hanya mengalir biasa tidak atau tampak seperti air terjun pada umumnya. Akibatnya Wisatawan yang datang saat musim kemarau bisa dihitung dengan jari jumlahnya terutama saat weekday. Walau demikian, Air Terjun Lepo Dlingo Jogja menyimpan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan air terjun lain di Yogyakarta. Berikut informasi yang Antarejatour.com berikan untuk Anda

    Secara administratif Air Terjun Lepo termasuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (D. I. Yogyakarta) tepatnya berada di Jalan Randusari, Banyuurip, Jatimulyo. Jarak dari Kota Jogja kurang lebih 30 km atau waktu tempuh 1,5 jam menggunakan kendaraan roda empat. Jalur yang bisa dilewati yakni jalan Imogiri atau jalan Wonosari dengan konstruksi jalan beraspal tetapi menanjak.

    Air Terjun Lepo memiliki 3 air terjun dan 4 kolam dengan kedalaman yang berbeda. Kolam pertama berada ditingkat paling atas memiliki kedalam 2 meter, di kolam ini terdapat tempat khusus untuk loncat yang terbuat dari jembatan bambu dengan tiang dari semen, biasanya yang jago berenang dan suka loncat memilih kolam yang pertama. Kolam kedua memiliki kedalaman sebatas pinggang orang dewasa, di sini terdapat air terjun yang paling tinggi dibandingkan dua air terjun lainnya, kola mini memiliki luas lebih dibandingkan ketiga kolam lainnya dan dikelilingi oleh bebatuan yang berbentuk persegi panjang, kola mini cocok bagi yang suka bermain air terjun atau anak-anak atau yang tidak bisa berenang.

    Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Lepo cukup lengkap untuk ukuran objek wisata yang berada di desa terpencil. Di tempat ini terdapat Musholla, kios, warung, toilet, tempat duduk, dan fasilitas penunjang lainnya. Ketika Admin kesini kirain harga makan, snack, atau minuman sama seperti harga di Destinasi Wisata pada umumnya tetapi malah sebaliknya, harganya normal seperti harga yang ditawarkan di Kota Jogja. 


Daftar Pustaka 

https://antarejatour.com/bantul/air-terjun-lepo-dlingo-bantul

0 komentar:

Posting Komentar