30.12.21

MENJAGA KESEHATAN DENGAN RUTIN OLAHAGA SEMBARI PLOGGING

Menjaga Kesehatan dengan Rutin Olahraga Sembari Plogging

Nisa Armila Gunawan (19310410076)

PSIKOLOGI INOVASI

Essay Prasyarat Ujian Akhir Semester

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Menjaga kesehatan tubuh sangatlah penting bagi kita, karena dengan menjaga kesehatan tubuh kita dapat terhindar dari berbagai penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh yaitu dengan rutin olahraga. Menurut Giriwijoyo (2005) mengatakan bahwa olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya. Penulis belakangan ini sedang membiasakan untuk berolahraga secara rutin. Olahraga yang penulis lakukan berbeda dengan yang lainnya, karena ketika olaharaga jogging penulis sembari melakukan kegiatan memungut sampah atau yang disebut dengan plogging. Kegiatan plogging sendiri merupakan paduan bahasa Swedia untuk "mengambil" ("plocka upp") dan "jogging" (Kompasiana, 2018).

Sudah sepatutnya kita harus membiasakan diri untuk berolahraga karena olahraga memiliki dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sesuai dengan pendapat dari Jane Ruseski (2014), mengatakan dengan berolahraga atau melakukan aktifitas fisik yang teratur dapat mengurangi resiko penyakit kronis, mengurangi stress dan depresi, meningkat kesejahteraan emosional, tingkat energi, kepercayaan diri dan kepuasan dengan aktivitas sosial. Tantangan yang penulis hadapi saat akan melakukan kegiatan olahraga yaitu melawan malas yang ada di dalam dirinya. Itu merupakan tantangan berat bagi penulis. 

Kegiatan jogging yang penulis lakukan sebanyak 8 kali, dengan latar tempat yang berbeda karena 3 kali dilakukan di Ciamis dan 5 kali di lakukan di Yogykarta.

    

  

-Kegiatan pertama dilakukan di pesawahan desa Margaluyu, di tempat ini sampah yang di temui lumayan banyak karena mungkin para pengguna jalan sering membuang sampah secara sembarangan. Hingga beberapa sampah bertebaran. 

-Kegiatan kedua dan ketiga dilakukan di tempat pemanciangan Situ Rancamaya, di tempat ini sampah yang di temui lebih banyak dari pada tempat sebelumnya. Karena tempat merupakan tempat umum yang serung di datangi oleh masyarakat sekitar. Dan di tempat ini persedian seperti tong sampah kurang memadai. 

-Kegiatan keempat sampai kedelapan dilakukan di kompleks Condong Catur, di tempat ini slah yang di temui tidak sebanyak yang ada di tempat sebelum-sebelumnya. Mungkin karena masyarakat mempunyai kesadaran terhadap menjaga lingkungannya. 

Pada kegiatan ini, setelah penulis mengumpulkan sampah yang di temuinya ia membuang sampah tersebut ke tempat sampah. Sehingga tidak ada tindak lanjut dalam mengolah sampah tersebut, semoga di lain kesempatan penulis mampu untuk mengolah sampah dari yang ia dapatkan. Suka duka dalam melakukan jogging sembari memungut sampah yaitu ada beberapa orang yang ketika melihat penulis sedang memungut sampah, tatapannya yang di tunjukkannya agak berbeda seperti sedang keheranan. Suka duka lain yang penulis rasakan ketika awal kegiatan yaitu harus bertempur dengan diri sendiri. Karena waktu awal kegiatan, penulis mempunyai dorongan diri yang rendah sehingga menyebabkan rasa malas untuk melakukan kegiatan olahraga tersebut. Namun akhirnya penulis dapat mengalahkan tersebut. 

Di sisi lain, jogging sembari memungut sambah memberikan value yang berbeda dari biasanya. Yaitu plogging, karena kita tidak hanya sekedar olahraga agar badan menjadi sehat. Akan tetapi kita membantu dan ikut berkontribusi dalam memelihara serta menjaga lingkungan sekitar dari sampah sehingga lingkungan tampak bersih. Selain itu, dampak yang dirasakan ketika melakukan kegiatan jogging secara rutin yaitu badan merasa ringan karena telah keluar keringat serta tubuh menjadi sehat. Dengan kegiatan jogging juga membantu penulis dalam berproses untuk menjadi diri yang lebih baik lagi. Dimana biasanya penulis jarang melakukan kegiatan olahraga. Karena dampak dari kegiatan tersebut, maka penulis akan melanjutkan melakukan kegiatan olahraga. 


Referensi:

Giriwijoyo, Santoso Y. S. (2005). Manusia dan Olahraga. Bandung: Penerbit. Institut Teknologi Bandung.

Jane, E. Ruseski., Brad, R. Humphreys., Kirstin, Hallman., Pamela, Wicker., and Christoph, Breuer. (2014). Sport participation and subjective well being:Instrumental variable results from German surveydata. Journal of Physical Activity and Health. Human Kinetics, Inc. pp.396-403.

Kompasiana. (2018). Bosan Jogging? Cobalah Plogging!:h ttps://www.kompasiana.com/rudywiryadi2002/5b14afc5ab12ae293e064c62/plogging (diakses pada 26 Desember 2021)

Sumber Gambar: 

https://www.google.com/imgres?imgur%2F3%2Fhealthy-lifestyle-banner-jogging-man-icon-colored-cartoon-244949.jpg&imgrefurl (diakses pada 4 Januari 2022) 


0 komentar:

Posting Komentar