31.12.21

MELAKUKAN OLAHRAGA UNTUK KESEHATAN TUBUH DENGAN PLOGGING

ESSAY PRASYARAT UJIAN AKHIR SEMESTER PSIKOLOGI INOVASI

Fakultas Psikologi
Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Exwati Miatari (193010410030)
PSIKOLOGI INOVASI
Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA

            Kesehatan adalah aset terpenting yang dimiliki oleh setiap individu. Karena jika individu mengalami sakit, maka terhambatlah kegiatan-kegiatan yang dimilikinya. Salah satu cara yang mudah dan tidak memerlukan banyak biaya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ialah dengan melakukan olahraga. Pada kesempatan belakangan ini, saya kerap melakukan kegiatan olahraga jogging. Jogging merupakan variasi pada lari. Pengertian dari jogging ialah satu bentuk berlari yang dilakukan dengan kecepatan lambat atau santai (Kompas.com, 2021). Olahraga yang saya lakukan ini disertai dengan menjaga kesehatan lingkungan yaitu dengan melakukan plogging. Dilansir dari laman The Independent, tren olahraga yang bernama plogging merupakan sebuah kombinasi dari jogging dan istilah swedia “plocka upp” yang berarti mengambil, menyapu dunia dan jalanan sampai bersih dari adanya sampah (Kompas.com, 2018). Dalam konsep melakukan plogging ini saya melakukan kegiatan pemungutan sampah kemudian membuangnya pada tempat sampah, bukan melakukan kegiatan membuang sampah secara sembarangan yang biasa dilakukan individu lainnya saat melakukan jogging.

            Plogging merupakan kegiatan yang sederhana dan menimbulkan manfaat positif. Jika kita memamahi makna dari plogging ini lebih mendalam, maka kita akan memiliki manfaat terhadap kesehatan tubuh kita serta kesehatan pada lingkungan. Karena dalam melakukan plogging, tentunya akan berkaitan dengan dua aspek tersebut. Memberikan dampak positif untuk tubuh dengan berolahraga dan memberikan dampak positif juga terhadap lingungan dengan pemungutan sampah. Jika dilihat dari segi manfaat dalam melakukan olahraga untuk kesehatan tubuh menurut (Hadjarati & Haryanto, 2020) manfaat dalam melakukan olahraga ialah cara utama untuk mereduksi stress dengan memotivasi secara positif terhadap seseorang. Olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme serta mempengaruhi manfaat kelenjar didalam badan dari masalah penyakit dan stress dalam psikologisnya (Haryanto et al., 2021).

            Adanya hal tersebut tentunya mendorong saya untuk melakukan perubahan diri kearah yang positif dan mengurangi rasa malas dengan melakukan olahraga meskipun dalam permulaannya, ada rasa malas yang dirasakan. Dibalik hal itu, alasan saya melakukan kegiatan ini ialah karena kurangnya melakukan olahraga dalam keseharian. Sehingga hal ini tentunya akan efektif untuk dilakukan serta memberikan manfaat baik itu untuk tubuh dan lingkungan. Pada pelaksanaan perubahan diri tersebut, saya melakukan kegiatan plogging sebanyak 8 kali pelaksanaan disetiap minggu, dilakukan di Desa Balong, Jalan arah Sambi, area Jalan Sawah Demen, Lapangan Grhasia.

             

            
                                

             

            
               

                Pada proses pelaksanaannya, terdapat suka dan duka ketika plogging. Kesan yang pertama saya rasakan saat ploging ini ialah dapat semakin menumbuhkan rasa perduli dan cinta akan lingkungan, ditambah hal tersebut dilakukan secara berulang yaitu 8 kali pelaksanaan. Kemudian memberikan manfaat terhadap lingkungan karena dengan melakukan plogging tempat-tempat yang biasanya kotor dengan sampah menjadi bersih dan nyaman dipandang mata. Selain itu, terdapat rasa untuk melakukan kegiatan tersebut, bukan hanya untuk melakukan perubahan diri namun dapat menjadikannya sebagai rutinitas dalam keseharian demi mewujudkan lingkungan yang sehat tanpa ada sampah-sampah yang berserakan. Duka dalam kegiatan ini ialah karena memerlukan keberanian mental dalam melakukan kegiatan plogging saat masyarakat yang menganggapnya hal yang aneh. Karena tidak hanya olahraga yang kita lakukan, namun juga memungut sampah dan membawanya dengan menenteng plastik guna memasukan sampah-sampah yang dijumpai dijalan. Selain itu, harus memiliki rasa percaya diri dan cuek terhadap lingkungan ketika terdapat masyarakat yang memandang lari-lari disertai menenteng plastik dan memungut sampah dijalan layaknya seorang pemulung.

REFERENSI:

Anggraini, A. P. (2018, 03 29). "Plogging", Tren Olahraga dari Swedia untuk Selamatkan Bumi. Retrieved from Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/29/081430720/plogging-tren-olahraga-dari-swedia-untuk-selamatkan-bumi

Kompas.com. (2021, 02 28). Manfaat Jogging secara Rutin. Retrieved from Kompas.com: https://www.kompas.com/sports/read/2021/03/28/09100088/manfaat-jogging-secara-rutin?page=all

Parengkuan, M. (2021). PENGARUH LATIHAN JOGGING TERHADAP (VO2Max). Journal Jambura Health and Sport Vol. 3 (1) , 11-15.

0 komentar:

Posting Komentar