2.11.21

SUKSES: Kerja Keras dan Kerja Cerdas

 SUKSES: Kerja Keras dan Kerja Cerdas

Essay Persyaratan Ujian Mid Semester

Dibuat oleh:

Erlyna Rahma Sari (19310410084)

Mata kuliah: Psikologi Inovasi

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A.

Sukses adalah kata yang menggerakkan, memberi energi, dan menggairahkan semua saraf. Tidak peduli berapa usiamu, apa yang kamu lakukan, atau apa tujuan karir kamu, tujuan akhir dari kehidupan setiap orang adalah untuk menjadi bahagia dan sukses. Dikutip dari Kompas (2017) menurut Cuban sukses adalah bangun di pagi hari dengan senyum lebar dan bersemangat menjalani hari. Tidak peduli apakah punya banyak uang atau tidak. “Sukses itu adalah saat kamu hanya menjadi dirimu sendiri". Orang yang sukses adalah orang yang memilih untuk berhasil dan  mengerjakannya.

Orang-orang memiliki kemampuan untuk mengelola potensi  dalam diri mereka dan mengendalikannya untuk mereka mencapai tujuan hidup. Dengan kata lain, mereka mengontrol personal power. Di bidang akademik, tidak jauh berbeda dengan kesuksesan di bidang non-akademik. Karena bagimanapun bentuk usaha yang akan dilakukan individu, akhir dari usaha tersebut adalah gagal atau sukses. Ada hal yang ada hal yang harus diperjuangkan dan dikorbankan untuk mencapai kesuksesan. Banyak yang bertanya bagaimana cara menjadi orang sukses. Mulai mengikuti tips para orang sukses hingga membaca kisah-kisah menariknya.

Individu yang berpikir positif akan melihat setiap kesulitan dengan cara yang gamblang dan polos serta tidak mudah terpengaruh, sehingga tidak mudah putus asa oleh berbagai tantangan ataupun hambatan yang dihadapi. Individu yang berpikir positif selalu didasarkan fakta bahwa setiap masalah pasti ada pemecahan dan suatu pemecahan yang tepat selalu melalui proses intelektual yang sehat (Peale, 2009). Selain bagimana usaha individu, pola pikir juga menentukan keberhasialan tujuan yang ingin dicapainya.

Berikut beberapa tips sukses yang bisa membantu kamu untuk mencapai suatu hal.

Pertama, Luangkan Waktu untuk Berpikir. Beri dirimu waktu untuk berpikir apa arti suksesmu dan berkerjalah menuju sukses yang kamu inginkan.

Kedua, Cari Definisi Sukses Menurut Kamu. Jangan menggunakan definisi sukses menurut versi teman, orangtua, saudara, atau orang-orang lainnya. Semua harus dimulai dari apa yang kamu inginkan dalam hidup.

Ketiga, Fokus Menyusun Daftar Apa yang Diinginkan dan Fokuskan Pikiran yang Diinginkan. Buatlah lebih tajam daftar yang kamu inginkan, fokus di sana, dan jangan terpancing menyusun daftar tentang hal-hal yang tidak Anda inginkan. Pikirkan lebih banyak tentang apa yang kamu inginkan. Jika kamu dapat melakukan ini,  kamu akan dapat bekerja dengan passion, bukan sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan hidupmu, seperti rasa takut atau cemas.

Keempat, Temukan Potensi Diri, lalu Kembangkanlah. Mulailah berpikir tentang potensi yang kamu miliki. Sesuatu yang kamu inginkan untuk dikerjakan, memberimu semangat dan penuh energi serta kebahagiaan. Terus kembangkan itu hingga kamu menyadari potensi yang ada pada dirimu.

 

Referensi:

Peale, N.V. 2009. The Power of Positive Thinking. Yogyakarta: Ragam Media.

Adventorial. 2017. Ini Definisi Sukses Menurut Dua Pendiri Broadcast.com. https://amp.kompas.com/biz/read/2017/09/13/190000428/ini-definisi-sukses-menurut-dua-pendiri-broadcast-com ( diakses pada tanggal 2 November 2021)

0 komentar:

Posting Komentar