4.11.21

Pentingnya Motivasi Dalam Bekerja

 Essay 1  Persyaratan Ulangan Tengah Semester
 Psikologi Manajemen dan Organisasi
 Semester Ganjil 2021/2022

Imanuel Deo S./20310410023


Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
Dosen Pengampu : Dr., Arundati Shinta, M.A

     Motivasi adalah proses memulai dan mengarahkan perilaku.  Kebutuhan pribadi seorang karyawan terpenuhi selama dia termotivasi untuk melakukan tugas yang diberikan.  Manajer dapat mencapai tujuannya ketika dia dapat memenuhi kebutuhan karyawan dan kebutuhan organisasi. Semua orang tahu bahwa manajer yang baik memotivasi dengan kekuatan visi mereka, semangat penyampaian mereka, dan logika yang meyakinkan dari alasan mereka.

     Namun, motivasi dapat memiliki efek pada output organisasi dan menyangkut kuantitas dan kualitas.  Misalnya, sebuah perusahaan sangat bergantung pada efisiensi karyawannya, jika karyawan ini tidak memiliki motivasi untuk bekerja  memenuhi permintaan, maka perusahaan akan menghadapi masalah yang mengarah pada konsekuensi kegagalan. Menurut saya karyawan adalah aset terbesar perusahan. Oleh karena itu, keberhasilan sebuah perusahaan seringkali merupakan hasil dari karyawan yang termotivasi. Seorang karyawan yang tidak termotivasi berarti ada beberapa ketidakseimbangan atau ketidakpuasan dalam hubungan dengan lingkungan kerjanya,akibatnya karyawan menjadi tidak puas dalam bekerja sehingga banyak karyawan memilih untuk resign dan mencari pekerjaan baru ditempat atau perusahaan lain. Meningkatnya jumlah ketidakpuasan kerja dapat membawa dampak negatif terhadap kinerjanya. Akibatnya, pergantian karyawan akan menjadi masalah serius di lingkungan perusahaan saat ini. Karyawan yang termotivasi jauh lebih mungkin untuk tampil pada standar yang lebih tinggi daripada karyawan yang merasa tidak termotivasi untuk melakukan yang terbaik.  Misalnya, jika kita menjalankan bisnis yang didasarkan pada penjualan, karyawan biasanya akan berusaha lebih keras untuk menghasilkan lebih banyak penjualan jika mereke termotivasi. Kekuatan motivasi untuk karyawan tidak hanya akan meningkatkan kinerja, tetapi juga akan meningkatkan produksi.  Ketika karyawan berfokus pada pencapaian pencapaian dan memberikan layanan yang luar biasa, mereka tidak akan membuang-buang waktu dan akan semangat.

     Berikut adalah beberapa cara efeketif untuk mudah memotivasi karyawan dalam upaya manajemen perusahaan. Upaya yang pertama adalah menjadi pendengar yang baik salah satu faktor motivasi terbesar bagi karyawan adalah perasaan bahwa keinginan dan kebutuhan mereka didengar di tempat kerja.  Ini tidak berarti bahwa setiap permintaan dapat selalu dipenuhi tetapi mendengarkan apa yang dikatakan karyawan adalah kunci motivasi. Apabila karyawan memiliki ide untuk proses baru atau ide baru untuk posisi mereka, meski tidak sesuai dengan pemikiran kita oleh ide tersebut, dengarkan saja, karena seseorang akan merasa berharga apabila pendapatnya bisa didengar sekalipun tidak terpenuhi. Upaya yang kedua adalah bayarlah upah karyawan tepat waktu serta berikan insentif, kita harus membayar mereka dengan tepat waktu dengan upah yang kompetitif. Jika kinerja mereka layak mendapat kenaikan gaji maka realisasikan, toh ini akan membuat mereka tahu bahwa mereka dihargai dan diapresiasi. Upaya yang ketiga adalah ciptakan lingkungan kerja yang baik dengan memperhatikan kenyamanan karyawan. Pastikan perusahaan kita adalah tempat yang layak. Tidak hanya menawarkan kenaikan upah dan bonus yang kompetitif tetapi orang-orang benar akan menikmati bekerja di sana.  Hilangkan lingkungan kita yang negatif dan kaku, karyawan ingin bekerja keras apabila mereka  menikmati dan merasa nyaman dalam  lingkungan kerja, cukup perhatikan fasilitas sederhana seperti makan siang, aktivitas membangun tim, dan happy hour bisa menjadi motivasi yang cukup.

 




0 komentar:

Posting Komentar