5.11.21

MERAIH KESUKSESAN DI ERA 4.0 DENGAN MENJADI PRIBADI YANG INOVATIF

 

MERAIH KESUKSESAN DI ERA 4.0 DENGAN MENJADI PRIBADI YANG INOVATIF

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 


 TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI INOVASI

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

               

Bagi setiap orang, kesuksesan memiliki  arti  yang berbeda-beda,  bagi  seorang mahasiswa  kesuksesan dapat  diartikan  lulus semua  mata kuliah  dan memiliki  IP  yang baik, bagi seorang atasan kesuksesan dapat berarti keberhasilan dalam mengelola usaha, dan  masih banyak  lagi  arti dari  kesuksesan ditinjau dari  cara pandang  orang menilai kesuksesan tersebut. Dalam konteks  secara umum  kesuksessan dapat  diartikan sebagai  keberhasila seseorang dalam melakukan setiap usaha atau pekerjaan sesuai dengan apa yang menjadi tujuannya. Bagi  sebagian kalangan orang  kesuksesan merupakan  hal yang   mesti atau wajib diraih. Dan untuk meraihnya  pun diperlukan  cara atau strategi tertentu.

Setiap orang dalam kehidupannya pasti menginginkan kesuksssan pada berbagai aktivitas maupun karirnya. Namun permasalahannya, tidak ada kesuksesan yang instan. Diperlukan banyak persiapan, perjungan, dan juga keahlian yang mumpuni jika ingin meraih kesuksesan.

Nah, untuk meraih kesuksesan tersebut dibutuhkan banyak persiapan dan skill-skill yang memadai, terutama di era 4.0 yang serba mengandalkan teknologi dan tenaga yang profesional.  Dimpusud (2009) menyebutkan bahwa dalam meraih sukses di masa depan, kita harus memiliki persiapan yang  matang.  Kita  harus  banyak  membaca  buku-buku pengetahuan   untuk   menambah   banyak   wawasan,   bagaimana   kita   harus bersikap menambah keahlian atau ketrampilan-ketrampilan dalam hal apa saja untuk mengikuti perkembangan zaman dan lain sebagainya. Salah satu sikap yang harus kita kembangkan dalam persiapan demi meraih kesuksesan pada era saat ini adalah sikap inovatif. Karena di era yang serba mengandalkan teknologi ini, untuk menjadi sukses diperlukan kompetensi yang mumpuni serta ide-ide kreatif dan inovatif supaya bisa terus mengembangkan teknologi.

                Menurut KBBI, inovatif adalah sesuatu yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru atau bersifat pembaruan. Dilansir dari Kompasiana.com (2013), inovatif adalah suatu kemampuan manusia dalam mendayagunakan pikiran dan sumber daya yang ada disekelilingnya untuk menghasilkan suatu karya yang benar-benar baru yang orisinil, serta bermanfaat bagi banyak orang. Perilaku inovatif mengacu pada pengenalan dan penerapan ide-ide baru, produk, proses, dan prosedur untuk peran kerja seseorang, unit kerja, atau organisasi. Ini adalah konsep yang lebih luas daripada kreativitas dan mencakup berbagai perilaku yang terlibat dalam pembangkitan, promosi, dan implementasi ide-ide baru.

                Ada banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita menjadi seseorang yang memiliki sikap inovatif. Di antaranya adalah :

1. Mudah menyelesaikan masalah.

Ide atau gagasan baru yang kita miliki akan mempermudah kita untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang menimpa kita.

2. Menjadi pribadi yang unik

Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki kualitas yang unik. Dan apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, maka perbedaannya pun akan terlihat. Itu artinya, inovasi akan menonjolkan diri dan terlihat memiliki kualitas yang unik.

3. Meningkatkan produktivitas

Berinovasi juga akan berdampak baik bagi produktivitas. Akan ada banyak hal-hal baru yang kita lakukan sehingga kita menjadi produktif.

 

 

Daftar Pustaka :

Dimpudus, A. B. (2009). Kiat-Kiat Praktis Mencapai Sukses di Masa Depan. JIU (Jurnal Ilmiah Unklab), 70-95.

Kompasiana.com. (2013). Definisi Kreatif dan Inovatif yang Perlu Diketahui. https://www.kompasiana.com/ekogenshter/552feef86ea834b36b8b45ac/pengertian-kreatif-dan-inovatif?page=all#section2 (Diakses pada 4 November 2021)

0 komentar:

Posting Komentar