8.11.21

KEGAGALAN TIDAK SELAMANYA KELABU

 

ELECTRA ALNURIN/ 19310410004

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta



Kegagalan merupakan hal yang pasti pernah dialami oleh setiap individu. Kegagalan merupakan ketidakmampuan menghadapi sesuatu yang diluar batas kemampuan. Kegagalan dapat diartikan berbeda oleh banyak orang. Satu pandangan mengatakan kegagalan adalah ketidakmampuan mencapai apa yang diinginkan. Sementara ada juga yang menganggap kegagalan terjadi akibat terlalu memaksakan diri melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan yang ada.

Dengan adanya kegagalan akan membuat individu menjadi jauh lebih dewasa dalam menyikapi problematika kehidupan. Pada saat seperti itu yang dapat menjadikan mental individu pribadi yang kuat. Kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Kegagalan adalah bagian hidup yang harus dihadapi oleh setiap individu. Ketika mengalami kegagalan jangan enggan untuk kembali berjuang dan menyerah begitu saja. Tidaklah dapat seseorang itu dinyatakan gagal tentang sesuatu bilamana seseorang tersebut tidak memiliki target yang diharapkan (Mono, 2013).

Kegagalan hanya dirasakan oleh individu yang mau berjuang. Dan arti pepatah “kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda” merupakan mindset yang harus ditanamkan bahwa jangan takut dengan kegagalan. Karena di balik kegagalan ada kesuksesan yang menanti. Bisa saja menganggap kegagalan sebagai kesuksesan yang tertunda adalah hal yang sulit diterima. Karena pada umumnya ketika mengalami kegagalan, seseorang lebih fokus pada hasil kegagalannya. Dalam meraih kesuksesan seseorang harus bersikap sabar. Di mana pada dasarnya meraih kesuksesan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Harus yakin dan tetap bertahan pada arah yang benar dengan usaha yang maksimal untuk meraih kesuksesan. Padahal ketika mengalami kegagalan, maka di situ ada sebuah makna atau pesan hidup yang akan membuat seseorang menjadi jauh lebih baik ke depannya.

Adapun beberapa faktor penyebab kegagalan terjadi :

1.     1. Malas

Sudah bisa dipastikan bahwa kemalasan adalah sumber kegagalan. Tidak ada sejarahnya orang sukses suka bermalas-malasan. Sepintar dan sekaya apapun, jika hanya mengisi waktu dengan santai dan malas-malasan sepanjang hari, maka akan kehilangan kesempatan sukses.

2.     2. Sering Menunda

sering menunda pekerjaan, akhirnya semua hal menumpuk dan dikerjakan terburu-buru tanpa hasil maksimal. Padahal jika pekerjaan diselesaikan tepat waktu, akan ada kesempatan lain untuk membidik titik sukses yang lain. Jadi alangkah baiknya menghentikan kebiasaan ini mulai dari sekarang.

3.    3. Kurang Sopan Santun

Bagaimana orang akan mengajak kerja sama atau berteman jika tidak sopan. Boleh saja santai saat dengan teman-teman, tetapi sopan santun harus ada jika berhadapan dengan orang lain. Karena orang lain akan menilai dari cara bersikap. Masa depan salah satunya tergantung dari penilaian orang.

4.     4. Tujuan yang tidak menginspirasi

Ketika menetapkan tujuan, seringkali orang kemudian membayangkan 'benda' yang menjadi tujuan mereka. Misalkan rumah mewah, mobil, uang yang banyak, menulis buku, dan lainnya. Sayangnya benda-benda tersebut tak cukup untuk membuat Anda termotivasi. Benda saja tak mampu memberikan perasaan positif dan mendorong Anda untuk berhasil.

Referensi :

Hidayat. 2012. Mengapa Kegagalan Menyakitkan?. Jurnal Psikologi Fakultas Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

https://zahiraccounting.com/id/blog/kegagalan-adalah-kesuksesan-yang-tertunda-benarkah/

https://m.merdeka.com/gaya/5-penyebab-kegagalan-dan-cara-mengatasinya.html

sumber Gambar :

https://images.app.goo.gl/b2QevSTK7ZJFwDbFA


0 komentar:

Posting Komentar