2.11.21

KEGAGALAN BUKAN SUATU HALANGAN UNTUK SEBUAH KEBERHASILAN!

 

Kharisma Ayu Mutiara Dewi (19310410070)

Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu Dr. Arundati Shinta, MA.

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

Yogyakarta

 


Kegagalan bukanlah kata yang asing untuk didengar dan ini dapat memunculkan rasa yang menyakitkan. Setiap individu pastinya tidak menginginkan peristiwa kegagalan dan mengharapkan sebuah keberhasilan. Kegagalan adalah ketidakmampuan menghadapi sesuatu yang diluar batas kemampuan kita. Ada pun anggapan bahwa kegagalan terjadi akibat terlalu memaksakan diri melakukan sesuatu yang melebihi kemampuan yang ada atau istilahnya “nafsu besar tenaga kurang”. Sedangkan keberhasilan adalah kemampuan tanpa batas yang muncul secara alami dari dalam diri kita untuk menghadapi sesuatu yang diluar batas kemampuan kita.

Ada beberapa fakta yang dapat menimbulkan suatu kegagalan, menurut William A. Ward (dalam Ahira,2012) terdapat 6 fakta yaitu:

1)        Masalah Kemalasan, malas merupakan penyakit yang mudah menular. Bahkan pada tingkatan kronis, penyakit malas bahkan dapat membahayakan jiwa orang tersebut dan orang-orang disekitarnya. Orang atau individu yang malas akan menggunakan waktunya untuk hal yang tidak bermanfaat atau berguna dan tidak juga untuk beristirahat.

2)        Masalah Penundaan, penundaan bagi segala sesuatu, sesungguhnya untuk masalah yang sepele, juga akan berakibat fatal bagi orang yang selalu menunda-nunda dan mengesampingkan hal-hal yang seharusnya bisa dikerjakan sekarang.

3)        Masalah gangguan-gangguan yang selalu mengakibatkan waktu penting terbuang percuma untuk hal yang kecil dari masalah sepele, sehingga memperbesar pokok permasalahan yang utama.

4)        Masalah Ketidaksabaran juga membuat manusia menjadi kurang teliti, kurang persiapan, ceroboh, atau keegoisan hati yang biasanya juga mengakibatkan kesalahan dalam penggunaan waktu.

5)        Masalah kepuasan sesaat, yang ternyata dapat mengakibatkan orang-orang menjadi sombong, terlena akan keberhasilannya sehingga kemalasan mulai muncul dan akhirnya membuat orang tersebut kembali jatuh dan harus memulai dari awal lagi.

6)        Masalah menentukan keberhasilan dari seseorang kelak adalah tidak adanya sebuah perencanaan baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam hidupnya. Rencana adalah sebuah pondasi dalam mebangun struktur kesuksesan, apabila rencana tersebut tidak disusun dengan baik dan dilaksanakan, maka kesuksesan dengan dan dilaksanakan, maka kesuksesan dengan maksimal.

Dengan fakta fakta tersebut dalam menghindari dari suatu kegagalan. Lalu bagaimana cara menghadapi saat mengalami kegagalan:

a)      Jangan jadikan kegagalan untuk mematahkan keinginnan.

b)      Evaluasi kegagalan dengan cara pandang atau pikiran yang baru

c)      Belajar mengambil pelajaran dari orang orang yang berhasil melewati suatu kegagalan

d)     Menerima keadaan adalah sebuah kunci utama

Jadi dapat disimpulkan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda karna kita tidak mampu melewati tersebut. Namun kegegalan dapat dihindari dengan jangan bermalas-malasan, jangan menuda-nunda pekerjaan, ketidaksabaran yang mengakibatkan kurang teliti, merasa puas sesaat dan sering mebuang waktu untuk masalah yang sepele. Kegagalan bukanlah yang negatif, ubahlah hal itu jadi postif. Ambil setiap pelajaran dari setiap kegagalan, karna itu menuju kesuksesan.

 

Daftar Pustaka

Harmaini & Hidayat. 2012. Mengapa Kegagalan Menyakitkan?. Jurnal Psikologi. Vol. 8, No. 2

https://www.studilmu.com/blogs/details/4-cara-mengatasi-kegagalan (Diakseskan tanggal 31 Oktober 2021)

0 komentar:

Posting Komentar