6.11.21

GROWTH MINDSET : KELEMAHANMU KELEBIHAN DALAM DIRIMU

 

Fa Shintariesa Adanty N/19310410021

Tugas Essay Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta. MA

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Growth mindset adalah tipikal orang yang tidak mudah menyerah, mreka orang yang tergolong dalam kategori selalu berpikir positif tentang kemampuan mereka dan mampu memperbaiki dengan melihat sisi kelemahannya dalam segala hal. Tidak ada manusia yang sempurna mereka diciptakan dengan kelemahan dan kelebihan masing-masing. Apakah kamu sudah menerima kelemahanmu dengan lapang dada? Jika kamu sudah merima kelemahanmu, kamu sudah selangkah menuju growth mindset. Kelemahanlah yang membuat kit merasa kurang, tidak percaya diri, tetapi bukankah kelemahan mu bisa dijadikan kelebihan dalam dirimu untuk melangkah kedepannya.

Sepatutnya kita sebagai umat manusia harus bersyukur dan menerima atas kekurangan yang kita miliki bukannya menghina, karena kamu  menghina kekurangan atau kelemahan dalam diri kamu sama halnya kamu menghina diri kamu sendiri. Dibalik kekurangan atau kelemahan ada rencana Tuhan yang indah, kekurangan itu  menjadikan kelebihanmu yang tertunda atau belum terlihat dalam diri kamu. Lihatlah orang-orang yang ada disekitar kita mereka selalu terlihat bahagia meski berada dalam sebuah kekurangan dalam penderitaan menghadapinya  dengan senyuman. Selalu berfikir positif dalam menghadapi kelemahanmu dan jadikan kelemahanmu menjadi kelebihan.

Percaya diri lah dengan berbagai kelemahan dan kelebihan dalam diri kamu, janganlah malu dan menghina diri kamu dengan satu kelemahan. Tapi percayalah dan yakin bahwa dengan kelemahan atau kekurangan yang ada dalam diri kamu membawa keberkatan yan kamu tidak ketahui. Rasa percaya diri adalah salah satu kunci dari kesuksesan hidup, karena tanpa rasa percaya diri anda tidak akan sukses dalam berinteraksi dengan orang lain. Percaya diri dan mulai menerima kelemahan diri sendiri buatlah kelemahanmu itu sebagai motivasi untuk membuktikan pada semua orang bahwa kamu bisa. Memperkuat rasa percaya diri merupakan salah satu cara untuk melakukan self improvement atau perbaikan diri sendiri terhadap karakter diri (manusia). Mulai sekarang perbaikilah perilaku diri sendiri dan menutupi kelemahan-kelemahan yang ada dalam diri sendiri dengan kelebihan yang kamu miliki. Contohnya ada seorang Profesor yang bernama Dale Carnegir, diawalanya tidak seorang professor dalam bidang ilmu jiwa dan dia tidak pernah mendapatkan gelar akademis dari sebuah universitas. Namun dengan berbekal pengalaman-pengalaman pribadi dan tidak malu dengan kelemahan yang ada dalam dirinya, Carnegie yakin dan percaya diri berani membuka sebuah akademi studi ilmu humaniora. Lalu sampai sekarang karya-karya tulisnya masih terus digandrungi orang sekaligus menjadi best seller buku-buku dunia. Dengan rasa percaya diri yang tinggi pada dirinya dan misinya, Carnegie bisa menjadi salah satu orang yang tekenal. Ada satu moto hidup yang senantiasa di pegang teguh oleh Carnee yaitu, “bahwa memahami berbagai keelemahan diri bukanlah satu-satunya kunci untuk untuk meraih ke sukesesan”. Tapi cara yang paling ideal untuk mengembalikan rasa percaya diri sekaligus meraih kesuksesan adalah dengan jalan mengatasi dan menutupi kelemahan-kelemahan itu.

Seseorang yang punya rasa percaya diri senantiasa akan merasa bahwa ia adalah individu yang positif dan berpotensi bisa andil sekaligus bisa bekerja sama dengan orang lain dalam berbagai segmen kehidupan. Mampu memanfaatkan rasa percaya diri yang dimilikinya untuk menyukseskan setiap aktivittas yang dilakukannya dengan baik. Dengan percaya diri kelemahan-kelemahan yang pada diri kamu akan tertutupi oleh kelebihanmu, maka dari itu kekuranaganmu kelebihana dalam diri kamu.

Referensi : Al-Uqshari, Y. (2005). Percaya diri pasti. Gema Insani.


0 komentar:

Posting Komentar