12.11.21

 

CARA MENGELOLA KESEHATAN MENTAL

 

Essay 3 Persyaratan UTS

Psikologi Manajemen dan Organisasi

Semester Ganjil 2021/2022

Shafly Ardhya Saputra / 20310410027

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

 


            Kesehatan adalah hal yang penting baik bagi individu maupun bagi pembangunan negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai “keadaan sejahtera fisik, mental, sosial dan spiritual dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”. WHO mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesejahteraan mental di mana seorang individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

            Dalam pengertian positif ini, kesehatan mental adalah dasar bagi kesejahteraan individu dan berfungsinya komunitas secara efektif. Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial. Hal ini akan memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Kesehatan mental juga membantu menentukan bagaimana seseorang tersebut menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat. Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa. Meskipun istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, kesehatan mental yang buruk dan penyakit mental bukanlah hal yang sama. Seseorang dapat mengalami kesehatan mental yang buruk dan tidak didiagnosis dengan penyakit mental. Demikian juga, seseorang yang didiagnosis dengan penyakit mental dapat mengalami periode kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Berikut selengkapnya mengenai pentingnya kesehatan mental yang perlu kita ketahui.

            Kesehatan mental menjadi terkait dengan perilaku dan dipandang sebagai dasar kesehatan fisik dan kualitas hidup, karena membawa dampak pada beberapa hal di bawah ini:

·         Kesehatan fisik dan kesehatan mental sangat erat kaitannya dan terbukti tanpa keraguan bahwa depresi menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah.

·         Gangguan mental juga mempengaruhi perilaku kesehatan seseorang seperti makan dengan bijaksana, olahraga teratur, tidur yang cukup, melakukan praktik seksual yang aman, penggunaan alkohol dan tembakau, mengikuti terapi medis sehingga meningkatkan risiko penyakit fisik.

·         Kesehatan mental yang buruk juga menyebabkan masalah sosial seperti pengangguran, keluarga yang berantakan, kemiskinan, penyalahgunaan narkoba dan kejahatan terkait.

 

Sama seperti kebugaran fisik membantu tubuh untuk tetap kuat, kebugaran mental juga membantu untuk mencapai dan mempertahankan keadaan kesehatan mental yang baik. Memelihara kesehatan mental juga dapat membantu memerangi atau mencegah masalah kesehatan mental yang terkadang dikaitkan dengan penyakit fisik kronis. Terdapat tiga cara penting untuk meningkatkan serta menjaga mental kita, yaitu :

1. Berolahraga secara teratur

Telah lama diketahui bahwa olahraga bermanfaat sebagai cara proaktif untuk meningkatkan kondisi fisik dan memerangi penyakit. Saat ini, olahraga bahkan diakui sebagai elemen penting dalam membangun dan menjaga kebugaran mental. Olahraga memiliki banyak manfaat psikologis. Sebagai contoh: Aktivitas fisik semakin menjadi bagian dari resep untuk pengobatan depresi dan kecemasan. Berolahraga mungkin tidak menyembuhkan, tetapi memberikan dampak positif. Olahraga dapat mengurangi kecemasan. Banyak penelitian telah sampai pada kesimpulan ini. Orang-orang yang rutin berolahraga melaporkan merasa kurang stres atau gugup. Bahkan lima menit latihan aerobik dapat merangsang efek anti-kecemasan.

2. Makan dengan Benar

Makan dengan benar dan teratur juga berkontribusi untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Membuat pilihan nutrisi yang tepat dapat berdampak pada kesehatan mental. Sebuah studi baru oleh Yayasan Kesehatan Mental Inggris menunjukkan bahwa pola makan yang buruk berperan signifikan dalam peningkatan masalah kesehatan mental selama 50 tahun terakhir. Makanan juga memasok vitamin yang tidak dapat dibuat oleh tubuh, dan yang kita butuhkan untuk membantu mempercepat proses kimia bagi kelangsungan hidup dan fungsi otak. Kekurangan vitamin terkadang bermanifestasi sebagai depresi dan dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kecemasan dan agitasi, serta sejumlah masalah fisik.

3. Kendalikan Stres

Mengendalikan stres juga merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan mental. Pertama, penting untuk mengenali sumber stres kita. Peristiwa seperti kematian orang yang dicintai, memulai pekerjaan baru atau pindah rumah tentu membuat stres. Namun, sebagian besar stres biasanya berasal dari dalam diri. Bagaimana kita menafsirkan sesuatu seperti percakapan, tinjauan kinerja, bahkan pandangan, menentukan apakah sesuatu menjadi pemicu stres. Pembicaraan diri yang negatif, di mana kita berfokus pada kritik diri dan analisis berlebihan yang pesimistis, dapat mengubah komentar yang tidak bersalah menjadi sumber utama stres. Memahami dari mana stres kita berasal dapat membantu memutuskan suatu tindakan.

0 komentar:

Posting Komentar