17.10.21

Temukan Kelemahanmu, Ekspresikan Dirimu!


Oleh:

 Alia Nanda Rumekti

19310410066

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A. 

          Individu adalah makhluk yang memiliki kelebihan, kekurangan, kekuatan, dan kelemahan. Keempat hal tersebut normalnya dapat bertumbuh secara bersamaan dalam diri manusia. Kelebihan dan kekuatan biasanya akan membuat individu lebih mudah menerima diri. Dengan kelebihan dan kekuatan itu, ia akan cenderung lebih mudah percaya diri. Sebaliknya, kekurangan dan kelemahan cenderung meredupkan bahkan menghilangkan kepercayaan diri. Lalu, mengapa kita harus menghadapi kelemahan ini?

Kelemahan adalah salah satu hal yang dapat meredupkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada dalam dirinya (Syam, 2017). Melalui pernyataan di atas, kita dapat mengetahui bahwa kepercayaan diri merupakan komponen penting dalam upaya mengekspresikan diri. Ada hal lain yang juga berperan dalam ekspresi diri, yaitu penerimaan diri. Peneriman diri merupakan sikap yang menceminkan rasa senang sehubungan dengan kenyataan diri sendiri (Fitri, 2018). Penerimaan diri menjadi penting dalam hal ini karena menjadi bagian dari upaya individu untuk menerima kelemahannya.

Selain kedua hal di atas, ada beberapa cara yang mungkin dapat dilakukan dalam upaya menerima kelemahan dan mengekspresikan diri.

1.      Cari dan jalin relasi dengan orang-orang yang positif

Berkumpul dan bergaul dengan orang-orang yang positi atau memiliki positif vibes, akan membentuk kita menjadi individu yang lebih positif. Hal ini terwujud baik secara fisik maupun psikologis. Saat berkumpul dengan orang yang memiliki positif vibes, maka secara fisik kita akan lebih sehat karena pola hidup yang sehat. Selain itu, secara psikologis kita juga akan menjadi lebih sehat. Karena selalu berpikir dan merasakan setiap hal dengan perasaan positif.

2.      Cari dan ikuti kegiatan pengembangan diri

Kegiatan pengembangan diri seperti pelatihan, siaran, menulis, melukis, dan sebagainya, mampu membuat kita lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu. Karena semakin banyak kita mengikuti kegiatan pengembangan diri, maka kita akan semakin mampu mengenali hal-hal yang menjadi kelebihan atau kekuatan dalam diri kita. Sehingga, lama kelamaan kekurangan atau kelemahan yang kita miliki akan tertutupi oleh kelebihan dan kekuatan itu.

3.      Kembangkan dan ekspresikan diri

Dengan berbekal pertemanan yang positif dan kegiatan pengembangan diri, maka kita dapat mengekspresikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Akhinya, Ketidakmampuan menghadapi kelemahan dan menerima diri sangat berpengaruh pada kepercayaan diri. Kelemahan dalam diri sudah semestinya diterima untuk diperbaiki atau diubah menjadi kelebihan diri.

 

Daftar Pustaka :

Fitri, E. d. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja Serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. JPPI: Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-5.

Syam, A. &. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Pretasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

 

 

 


0 komentar:

Posting Komentar