30.10.21

 

SUKSES MENJADI HAK SETIAP ORANG DAN JENIS KESUKSESAN

Nama : Tri Wahyu Ningsih

NIM : 19310410026

Mata Kuliah : Psikologi Inovasi

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, M.A.

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Pada dasarnya kesuksesan setiap orang itu berbeda. Ada yang menganggap dirinya sukses ketika memiliki uang miliaran, ada yang merasa sukses karena miliki perusahaan sendiri meskipun kecil, sukses karena melakukan kegiatan sosial, mengabdikan diri kepada orang lain, karena sukses bisa menjadi hak setiap orang entah muda ataupun tua. Bill Gates mendefinisikan kesuksesan dengan kebahagiaan. Kebahagiaan jadi tolak ukur pada pencapaiannya, bukan harta ataupun ketenaran. Salah satu orang terkaya didunia menganggap bahwa kebahagiaan akan dapat membawa kekayaan. Bukan sebaliknya.

Jika kita ingin sukses, tentukan dahulu makna sukses untuk diri kita bukan sukses menurut orang lain untuk kita. Kita mempunyai cara tersendiri untuk sukses, jangan meniru kesuksesan orang lain karena belum tentu sukses orang lain sama persis dengan sukses yang kita inginkan. Sukses dalam bentuk sederhana adalah ketika kita berhasil mencapai suatu target, sekecil apapun target itu.

Maka dari itu untuk mencapai target tersebut, kita harus punya semangat yang tinggi, pantang menyerah. Tak jarang kita menemui rintangan bahkan kegagalan di awal, tetapi bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Kita tidak bisa memaksakan diri untuk mengharapkan target yang terlalu tinggi, sehingga jika kita memaksakan diri untuk ditempa dengan keras padahal kenyataannya tidak mampu. Akhirnya menemui kegagalan yang membuat semangat patah seketika.

Beberapa jenis kesuksesan:

1.      1. Kesuksesan Material

        Sekarang kebanyakan orang mengejar materi untuk menuju kesuksesan. Biasanya bisa dikatakan sukses jika mempunyai mobil, uang banyak. Memang tidak bisa dipungkiri sekarang semuanya membutuhkan uang.

2.     2.  Kesuksesan Emosional

        Sukses secara emosi bila kita memiliki hubungan yang baik dengan orang lain, bisa menguasai diri sendiri, empati, harga diri tinggi sehingga tidak diacuhkan orang lain. Sukses secara emosi nampaknya sepele, tetapi emosi sangat mempengaruhi seseorang.

3.     3.  Kesuksesan Intelektual

  Sukses memiliki gelar akademik, memiliki ilmu pengetahuan, wawasan yang luas, pembelajar tangguh, dan menyukai tantangan.

4.     4.  Kesuksesan Sosial

    Orang yang ingin sukses dalam sosial, berarti dia ingin memiliki peran dan kedudukan yang tinggi di lingkungan masyarakat, suka membantu, berbagi, dan bekerja sama dengan orang lain.

5.      5. Kesuksesan Spiritual

    Kesuksesan spiritual biasanya meliputi kesuksesan secara batin, yaitu bisa beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

6.     6.  Kesuksesan Fisik

    Kesuksesan secara fisik berarti memiliki jasmani yang sehat. Memiliki kesehatan yang baik, tubuh yang bugar, vitalitas prima, dan penampilan fisik yang baik. jika kita mencapai kesuksesan fisik kita juga bisa mencapai kesuksesan emosional.

7.      7. Kesuksesan Usaha

    Kesuksesan usaha berhubungan denga kesuksesan material, karena tujuan utama orang melakukan usaha adalah untuk mendapat uang. Orang yang ingin sukses usaha maka memajukan usahanya untuk mendapat keuntungan tinggi dan reputasi yang baik.

8.    8.  Kesuksesan Lingkungan

    Kesuksesan lingkungan didasari dari rasa peduli dan cinta lingkungan. Bisa saja rajin membersihkan rumah, menanam tanaman.

 



referensi 

Seni Memberi: Hal-hal yang Akan Berbalik Menjadi Sukses, Ketika Engkau Mulai Memberi. (2021). (n.p.): Anak Hebat Indonesia.

Ramadhani Niko. (2021, 29 Maret). Sebenarnya Apa Sih Definisi Sukses Bagimu?. Diperoleh 24 Oktober 2021, dari https://www.akseleran.co.id/blog/definisi-sukses/

0 komentar:

Posting Komentar