22.10.21

Singkirkan Rasa Malu Terhadap Kelemahan Dalam Dirimu

 

SINGKIRKAN RASA MALU TERHADAP KELEMAHAN DALAM DIRIMU

Phrahasti Sito Resmi/19310410038

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta MA.


 

 

Setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing pada dirinya sendiri. Manusia dituntut untuk terus mengembangkan semua aspek dalam dirinya. Tetapi kebanyakan orang hanya memperlihatkan kelebihannya terhadap semua orang dan menutupi kelemahannya agar tidak diketahui oleh orang lain. Hal itu yang menyebabkan individu jadi malu, tidak percaya diri jika kelemahan atau kekurangan pada diri terlihat dan diketahui oleh orang. Kelemahan merupakan sesuatu hal negatif yang ada dalam diri kita atau kekurangan dalam diri yang sulit kita lakukan. Kelebihan ialah kemampuan yang menonjol dalam diri kita yang berisikan hal-hal negatif, keunggulan dan lainnya. Maka dari itu adanya kelebihan dan kelemahan dalam diri jadilah seorang individu yang bisa menerima diri dan menunjukkan dengan apa adanya kepada semua orang tanpa dengan rasa malu atau ragu. Bagaimana menunjukkan kelebihan dan kelemahan dalam diri? Pertama, ceritakanlah semua kelebihanmu dengan menunjukkan bukti misalnya jika kamu ahli dalam 4 bahasa tunjukkanlahh kepada semua dan jika kamu punya kelebihan melukis dan kelebihan lainnya ceritakan semua. Setelah itu baru ceritakan kekurangan yang ada dalam diri kamu jangan ada yang di sembunyikan dan juga melebih-lebihkan. Kedua, jawab dengan jujur dan kenali kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri kamu agar kamu lebih mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dalam diri kamu, dengan berintropeksi diri kamu dapat mengenali diri kamu sendiri lebih dalam, lalu terimalah kelebihan dan kelemahan dalam diri yang menjadikan salah satu cara untuk menghargai diri sendiri.

Individu yang mampu menerima dirinya sendiri adalah individu yang dapat menerima kekurangannya seperti halnya mampu menerima kelebihannya sendiri. Jangan malu untuk mengungkapkan atau menunjukkan kelemahan pada orang lain. Karena setiap ada kelemahan dalam diri pasti akan ditolong oleh kelebihan yang ada dalam diri kita. Maka dari itu hilangkan rasa malu itu dan belajar untuk menerima diri sendiri dengan menerima kelemahan dalam diri, kalau bisa ubahlah kelemahan atau kekurangan dalam diri dengan pelan-pelan dan jangan memaksakan diri. Apa saja kelemahan dalam diri kita ? Setiap orang mempunyai kelemahan masing-masing tapi kebanyakan kelemahan dalam seseorang itu tidak percaya diri. Tidak percaya diri merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dengan orang terlalu memikirkan omongan orang, minder, merasa tidak seperti orang-orang disekitarnya dan kurangnya bersosialisasi. Tetapi dengan percaya diri yang berlebihan juga tidak baik karena bisa memberikan dampak negatif untuk diri sendiri dan orang disekitar,membuat orang-orang terdekat menjauh. Maka dari itu tumbuhkan raa percaya diri secukupnya saja.

Bagaimana caranya untuk mengatasi kelemahan tidak percaya diri? Selalu berfikir positif dan jangan memikirkan omongan orang lain yang menjadikan diri kamu tidak bangkit. Pilihlah teman yang selalu mendukungmu dalam hal apapun dan mengajarkan kamu hal-hal positif. Kamu mempunyai kelebihan jadi tunjukkan dan tekuni hal-hal yang kamu kuasai yang menjadikan kelebihanmu untuk menutupi atau menolong kelemahan dalam diri. Seringlah bergaul dengan teman dan orang sekitar agar kamu lebih percaya diri dan menambah wawasan dalam diri kamu. Yang terakhir yang paling penting cari tahu dulu apa yang membuat kamu malu dan tidak percaya diri tentunya meiliki sebab akibat carilah dan coba iintrpeksi diri dan rubah pelan-pelan mulailah percaya diri, singkirkan rasa malu dan tidak percaya diri dalam diri kamu.

Diri Sendiri sangatlah berguna untuk membangun rasa percaya diri dan semangat terus untuk menjalankan hidup. Karena dengan semangatlah kunci meraih kesuksesan dalam hidup ini.

1 komentar: