30.10.21

Pahami Diri : Untuk Perubahan Kelemahan Menjadi Kelebihan

 

Bayu Pratama

19310410022

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, M. A.

Psikologi Inovasi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta


Setiap manusia adalah makhluk yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan biasanya membuat manusia menjadi percaya diri. Sedangkan kelemahan membuat manusia takut untuk menunjukkan sesuatu dengan kata lain tidak percaya diri. Setiap kekurangan yang ada dalam diri terkadang memunculkan ketakutan. Akibat ketakutan berlebihan juga bisa menimbulkan frustasi dan hal ini tak baik untuk dirimu.  

Kelemahan sendiri adalah semua sifat yang dipersepsi kurang baik di masyarakat. Misalnya, sifat pemalas, mudah marah, hingga terlalu menggampangkan. Kelemahan adalah salah satu hal yang dapat meredupkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri adalah sesuatu yang paling berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, karena dengan adanya kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala potensi yang ada dalam dirinya (Syam, 2017).  Untuk itu perlu ketahui bahwa sebenarnya kekurangan yang ada dalam diri juga bisa dijadikan sumber kekuatan.

Ketika seseorang memiliki kekurangan, baik itu kekurangan fisik, skill, pengetahuan, maupun harta, kebanyakan dari mereka selalu menyalahkan keadaan. Sering kali mereka lupa jika memiliki banyak kelebihan. Tidak ada habisnya jika menyalahkan apa yang terjadi. Justru ini akan membuat pikiran-pikiran negatif dan menjadi penghalang untuk terus maju.

Intropeksi diri, Apa sih kekuranganmu? Apa yang menjadikan teman-teman membencimu? Apa saja kegiatan yang membuatmu takut untuk menjalaninya? Lalu setelah itu pahami baik-baik kekurangan yang ada. Tanamkan niat untuk berubah menjadi lebih baik. Karena tanpa niat tiada usaha.

Ada banyak hal yang bisa dapatkan dari orang lain. Termasuk di antaranya adalah bagaimana mereka bisa menjadikan kelemahannya sebagai suatu kekuatan. Oleh sebab itu, jangan pernah anti belajar pada orang lain. Coba lihat orang-orang di sekitar, cari yang bisa dijadikan role model. Setelah itu, amati sikapnya, cara berpikirnya, dan perilakunya secara umum. Contoh hal yang baik dari dirinya dan hindari keburukannya. Bila perlu dekati ia agar Anda bisa mencontohnya dengan lebih baik.

Saat menghadapi kelemahan dirinya, kebanyakan orang bersifat defensif atau malah merasa malu luar biasa. Padahal, kelemahan-kelemahan dalam diri tersebut sejatinya bisa dijadikan titik untuk bergerak lebih maju. Namun, jelas bukan hal yang mudah untuk mengubah kelemahan menjadi kekuatan untuk maju. Upaya harus sungguh-sungguh agar bisa merubah kelemahan menjadi kelebihan.


Referensi : 

Syam, A. &. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Pretasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

https://www.idntimes.com/life/inspiration/atul-hamdalah/5-cara-ubah-kekurangan-jadi-kelebihan-luar-biasa-c1c2/5



0 komentar:

Posting Komentar