28.10.21

MARI MENERIMAKAN KEGAGALAN

 MARI MENERIMAKAN KEGAGALAN

Nisa Armila Gunawan (19310410076)

PSIKOLOGI INOVASI

Essay Prasyarat Ujian Tengah Semester

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA


Dalam realita sebagian masyarakat, kegagalan dipandang sebagi suatu hal yang buruk. Mungkin tak sedikit yang bertanya-tanya apakah orang-orang sukses di sana sering mengalami kegagalan sebelum meraup kesuksesan di kehidupan mereka. Jawabannya adalah ya, dan sangat sering. Tidak ada kesuksesan yang dibangun dalam waktu 1 hari. Itu adalah hasil dari kegagalan yang tidak terhitung jumlahnya. Baik itu gagal dalam hal kecil ataupun besar. Kemampuan seseorang untuk bangkit dari kegagalan tersebut dan tanpa menyerah menghadapi kehidupan adalah rahasia sukses yang sebenarnya.


Contoh orang sukses yang pernah mengalami kegaglaan adalah Bill Gates. Ia pernah mendirikan sebuah bisnis yang disebut Traf-O-data untuk menyediakan data statistik pergerakan internet. Proyek tersebut ternyata kemudian gagal total. Namun Gates berhasil bangkit melalui Microsoft dan menjadi salah satu pria terkaya di dunia dengan total kekayaan sekitar USD 91,8 miliar (Liputan6, 2018). Bahkan seorang ilmuwan cerdas Albert Einstein yang tidak bisa berbicara hingga usianya 4 tahun, yang artinya sangat terlambat dibandingkan anak-anak normal lainnya. Ia juga mengalami kesulitan membaca hingga usianya 7 tahun. Walau begitu, kini dunia sudah mengenalnya dengan segala macam teorinya yang mengantarkannya mendapatkan Nobel Fisika pada 1921 (Kumparan, 2021).

Meskipun kita diberi kata-kata bijak, bahkan banyak contoh kegegalan dari orang sukses. Mengapa kita masih sulit untuk menerimakan kegagalan?. Hal tersebut bisa terjadi karena kita memiliki motivasi yang salah. Semua impian pasti bermula dari sebuah motivasi. Apapun yang menjadi sumber motivasi akan berpengaruh pada proses pencapaian kita. Ketika kita menginginkan sukses, mungkin saja motivasi kita agar dilihat banyak orang sehingga bisa membanggakan diri. Hal tersebut sudah termasuk salah motivasi. Oleh sebab itu, sebelum memimpikan sesuatu pastikan motivasi yang kita miliki adalah sesuatu yang benar. Sehingga ketika gagal, kita bisa langsung bangkit karena motivasi yang kita miliki sudah benar.


Lalu sebab kita sulit menerimakan kegagalan adalah karena takut dikucilkan. Banyak orang takut dikucilkan atau diremehkan orang lain ketika gagal. Ini yang membuat kita sulit menerima kegagalan. Padahal seharusnya, perkataan orang lain menjadi sumber semangat untuk bisa buktikan bahwa kita mampu untuk sukses. Jadi jangan terpengaruh apalagi takut, karena yang memperjuangkan kesuksesan diri kita sendiri bukan orang lain. Penyebab lainnya kita sulit menerima kegagalan yaitu memaksakan diri untuk selalu hebat. Menyembunyikan kegagalan hanya membuang waktu dan menjauhkan diri dari kesuksesan. Apabila hidup ingin selalu hebat, maka semua akan sia-sia dan sulit untuk maju. Yang terjadi dalam kegagalan akan membuat diri semakin tertantang menyambut keberhasilan. Jadi, terima kegagalan dan akui.

Kegagalan adalah suatu titik untuk kamu berbalik dan menuju pada kesuksesan. Setiap orang punya jatah gagal masing-masing. Maka habiskan jatah gagal itu ketika kita masih muda. Dang ingat tentang satu hal bahwa menerima kegagalan bukan berarti kamu kalah apalagi lemah.


REFERENSI:

Amelie, Siska. (2018). 8 Miliarder yang Pernah Gagal tapi Bangkit Raih Sukses. Retrieved from Liputan6.com: https://www.liputan6.com/bisnis/read/3688316/8-miliarder-yang-pernah-gagal-tapi-bangkit-raih-sukses (diakses pada 24 Oktober 2021)

Rahmah, Aulia. (2021). Menyikapi Kegagalan. Retrieved from Kumparan.com: https://kumparan.com/aurbox-26/menyikapi-kegagalan-1wf9RsceMog/full (diakses pada 24 Oktober 2021)

Sumber Gambar:

https://www.limone.id/kegagalan/ (diakses pada 24 Oktober 2021)

0 komentar:

Posting Komentar