22.10.21

KEGAGALAN = KESUSEKSANMU

                                                            

KEGAGALAN ADALAH KESUKSESANMU

Phrahasti Sito Resmi/19310410038

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta MA.



 

Kegagalan merupakan suatu hal yang terjadi karena ketidaksesuaian dengan ekspektasi kita atas tujuan yang ingin dicapai dengan hasil dari usaha yang telah dilakukan dan berjuang mati-matian. Sedangkan Kesuksesan merupakan sebagai suatu hasil usaha yang telah dilakukannya sesuai dengan target dan tujuan yang telah direncanakan.

Setiap orang pasti pernah merasakan gagal dalam berbagai hal. Secara manusiawi, kita tidak akan perhatian lagi sama sesuatu hal yang sudah tidak kita anggap penting lagi atau sesuatu hal yang sudah menghadirkan kekecewaan yang membuat diri menjadi down semua orang normal mengalami seperti itu disaat lagi gagal. Segala sesuatu yang sudah tidak diperhitungkan lagi merupakan hal yang tidak akan dipedulikan lagi. Tetapi bagaimana jika yang tak diperhitungkan penting itu ialah sesuatu Yang ada pada diri kita? Tentang semua tujuan Dan cita-cita dari kita memandang hidup ? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu lah yang sering kita pikirkan pada diri saat merasa diri lagi kehilangan arah dan merasa bahwa diri ini sudah tidak berguna lagi karena sudah melakukan kegagalan. Karena kegagalan bisa membuat orang sering menyalahkan diri dan merasakan down banget. Kok bisa merasakan down banget? Iya, karena saat kita sudah gagal disitulah diri kita akan dipenuhi oleh banyak pertanyaan dari orang-orang sekaligus cacian dari orang-orang sehingga saat diri kitabekum siap menerima omongan dari orang maka timbullah perasaan kecewa,nyalahin diri sendiri dan sebagainya dan juga karena diri kita belum bisa menerima kegagalan itu.

Terimalah kegagalan mu itu dengan ikhlas dan bersyukur karena kemungkinan atas kegagalan yang terjadi dalam diri kamu itu bukan rezeki kamu dan Allah akan menggantikan yang lebih dari itu yang kami tidak ketahui. Percayalah tidak ada yang tidak mungkin. Seseorang yang berusaha dan bangkit dari kegagalan akan menjemput kesuksesannya.

Ketika kegagalan menghampiri janganlah berlarut-larut dalam kesedihan bangkitlah dan mulai untuk melakukan hal yang positif atau hal yang sesuai skill kamu atau hobi kamu. Misalnya, hobi kamu melukis mulailah untuk melukis yang unik seperti melukis keadaan kota disekitar mu lalu setelah kamu melukis kamu bisa upload disosial mediamu atau kamu bisa jual di toko-toko. Kesuksesan tidak hanya dilakukan lewat satu jalur saja, ketika kamu sudah gagal dalam rencana pertamamu mulailah dan buat lagi rencana yang sesuai dengan skill kamu.

"Hiduplah menjadi ornag sukses, bukan orang gagal" sering mendengar kata-kata itu yang membuat saya tidak setuju, kenapa? Karena dalam hidup didunia tidak ada yang instan akan menjadi orang yang sukses, semuanya akan melewati kegagalan terlebih dahulu entah itu merasakan kegagalan berkali-kali. Dengan kegagalan itu bisa kita buat pembelajaran untuk diri sendiri bangkit dan menuju kesuksesan. Meriah kesuksesan itu harus merasakan kepahitan dulu diawal agar kesuksesan yang kamu dapatkan terasa lebih nikmat karena dalam kesuksesan mu itu tercampur oleh jerih payahmu dan  berjuang mati-matian untuk masa depan kamu. Tetapi saat kamu sudah berada diata atau sudah sukses janganlah merasa tinggi dulu karena setelah itu kamu akan menghadapi masalah yang lebih berat dari sebelumnya. Maka dari itu tetaplah terus berusaha dan berusaha.

2 komentar: