29.10.21

KEGAGALAN BOLEH MENJADI PERTANDA BAIK UNTUK MASA DEPANMU

 KEGAGALAN BOLEH MENJADI PERTANDA BAIK UNTUK MASA DEPANMU


Engelbertha Savsavubun (19310410015)

PSIKOLOGI INOVASI

Essay Prasyarat Ujian Tengah Semester

Dosen Pengampu: Dr. Arundhati Shinta, MA




Sebuah kegagalan pasti dihadapi oleh semua orang yang pembeda ialah bagaimana cara menyikapai kegagalan tersebut. Ada yang meruntuki keadaan sambil mencari alasan, dan ada pula yang bangkit dan menjadi pengalaman tersebut sebagai pijakan untuk tidak jatu pada lubang yang sama.

Menjalani kehidipan memang perluh bekerja keras demi memperoleh sesuatu hal yang diimpikan. Namun bukan berarti setiap rencana akan selalu memperileh keberhasilan, pasti akan menemukan kegagalan yang bisa membuat mentalmu jatuh. Tapi, bukan artinya tidak bisa memulihkan keadaan menjadi lebih baik. Maka dari itu ada beberapa solusi ketika kamu baru gagal supaya bisa bangkit kembali.

1.       Segera Move on dari kegagalan masa lalu.

Klau memang kamu memiliki niat untuk bangkit dari ketepurukan, sebaiknya segeralah move on dari kegaggalan masa lalu. Jika terus-menerus merenugi kegaggalan yang telah terjadi, malah membuatmu selalu memikirkan kejadian kelammu. Dan mau tidak mau, ada baiknya juga secara perlahan untuk melupakan kejadian kegaggalan itu. Sehingga terbebas dari kejadian masa lalu yang terus menerus menyakitimu.

2.       Berusah menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Agar bisa bangkit dari kegagalan, pastihnya membutuhkan proses untuk memperoleh harapan kembali. Dan sebaiknya, perbaiki kesalhan yang telah terjadi supaya tidak sampai terulang kembali. Setelah itu tanamkan pada diri sendiri kalau kamu mau memperoleh impianmu. Sehingga kamu akan lebih berusaha menjadi lebih baik dari sebelumnya.

3.       Bisa menerima dengan lapang dada.

Mengalami kegagalan tentu membuat perasaan menjadi kecewa, sedih, atau marah lantaran semuanya tidak dapat dicapai sesuai dengan harapan. Hal ini memang wajar terjadi, tapi bukan berarti malah terjebak terus menerus dalam kondisi seperti itu, dan sebaiknya bisa menerima kegagalan dengan lapang dada supaya bisa berdamai dengan diri sendiri dan keadaan.

4.       Saatnya fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Kegagalan bukan berarti tanda bahwa kamu harus menyerah begitu saja dengan keadaan. Tapi jadikan itu bahan pembelajaran dan kamu pasti menyadari bahwa selama ini telah melakukan sesuatu kesalahan. Maka dari itu alangka baiknya untuk kembali fokus pada tujuan yang ingin kamu capai. Manfaatkan setiap peluang datang kepadamu mau belajar dan terus sukses.

Memiliki suatu harapan bisa menyakitkan diri sendiri kalu tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan, tetapi bukan berarti untuk tidak bisa disembuhkan. Dan jadikanlah semua kegagalan yang selama ini kamu alami sebagai suatu langkah yang memang harus dilalui untuk mendapatkan kesuksesanmu.

Referensi:

https://www.kompasiana.com/pakcah/6142e1630101901fe76fd075/gagal-nikmati-saja

https://www.google.com/search?q=jurnal+kegagalan&oq=jurnal+kegagalan&aqs=chrome..0i512j69i57j0i512l7j0i22i30.27135j1j4&sourceid=chrome&ie=UTF-8



0 komentar:

Posting Komentar