22.10.21

Banyaknya Pengangguran Dimasa Pandemi

 

MENGATASI PENGANGGURAN DIMASA PANDEMI COVID’19

Phrahasti Sito Resmi/19310410038

PSIKOLOGI INOVASI

Dosen Pembimbing : Dr. Arundati Shinta MA.

 


Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia yang mempunyai banyak kekayaan. Ibu kota negara Indonesia adalah Jakarta. Dimana Jakarta itu sebagai kota mendapatkan cuan atau uang bagi masyarakat desa. Banyak yang merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan dan bekerja disana, karena semua orang beranggapan kota Jakarta sebagai gudang uang bagi mereka sebagai sumber pencahariannya. Banyak penduduk Jakarta yang dari luar karena Jakarta sebaga tempat pelarian masyarakat desa. Apalagi untuk masa pandemi sekarang banyak pengangguran dan melakukan apa saja  mendapatkan uang untuk bertahan hidup. Entah itu sebagai buruh panggul, ngemis, ngamen, berdagang dan lainnya semua dilakukan agar mendapatkan uang. Jika sudah menganggur tetapi tetap dirumah saja mengandalkan uang tabungan juga tidak akan cukup untuk bertahan hidup maka dengan itu banyak orang yang mencari kerja dimasa sekarang meskipun itu bekerja serabutan tetap dlakukan karena di desa tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan maka banyak yang merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan meskipun belum jelas tetapi banyak yang nekat untuk merantau kesana karena yakin di Jakarta bisa dapat pekerjaan dan menghasilkan uang.

Penyebab banyaknya pengangguran dimasa pandemi ini ialah banyaknya PHK pengurangan karyawan karena sedikitnya pemasukkan dalam perusahaan yang menyebabkan untuk mengurangi karyawan dan mengatur kembali agar perusahaan tetap aktif. Tidak hanya pengurangan karyawan saja tetapi karena adanya peraturan pemerintah tentang lockdown, PSBB, dan social distancing. Hal itu yang menyebabkan rakyat-rakyat kecil menganggur karena tidak bisa bekerja dan yang bekerja di perusahaan besar masih bisa bekerja dirumah dan masih bisa mendapatkan penghasilan. Dengan membatasi masyarakat untuk bekerja dapat memicu bertambahnya angka pengangguran. Karena pengangguran di Indonesia meningkat yang menyebabkan angka kemiskinan meningkat. Bagaimana mengatasinya agar berkuranggnya pengangguran di Indonesia ini?.

Banyaknya pengangguran di Indonesia Pemerintah antisipasi karena semakin meningkatnya pengangguran. Dngan hal itu Presiden Indonesia Bapak Jokowi  telah menetapkan enam kebijakan strategis yaitu yang pertama, untuk dunia usaha agar tidak melakukan PHK. Kedua, insentif pajak penghasilan bagi para pekerja. Ketiga, jaringan pengaman sosial dengan melalui program bantuan sosial bagi pekerja formal dan informal. Keempat pemberian prioritas Kartu Prakerja bagi para pekerja yang menjadi korban PHK. Terakhir dengan perlindungan bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) baik di negara penempatan maupun setelah kembali ke tanah air. 

1 komentar:

  1. meskipun bahasanya agak rancu, tp saya mendapat pengetahuan baru yang membuka perspektif baru💙

    BalasHapus