12.6.21

SERUNYA PLOGGING (JOGING SAMBIL MEMUNGUT SAMPAH), OLAHRAGA SEMBARI MEMBERSIHKAN LINGKUNGAN

 

TUGAS ESSAY PSIKOLOGI LINGKUNGAN BUTIR 7 (KEGIATAN NYATA)

 

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 
TRIAS SABILA RAHMAH / 19310410036

MATA KULIAH : PSIKOLOGI LINGKUNGAN

DOSEN : DR. ARUNDATI SHINTA, MA

               

Kebersihan lingkungan merupakan suatu hal yang sangat dekat dengan kehidupan manusia. Kebersihan lingkungan dapat diartikan sebagai menciptakan sebuah lingkungan yang sehat sehingga tidak gampang terserang atau terkena berbagai macam penyakit yang kapan saja bisa menyerang kita. Kebersihan lingkungan ini meliputi kebersihan tempat tinggal, tempat bersekolah, tempat bekerja, dan berbagai sarana umum lainnya (Heriyatni, 2013).

Permasalahan yang terjadi saat ini, banyak kita temui lingkungan sekitar kita berserakan oleh sampah. Banyak yang membuang sampah di sembarang tempat meski sudah disediakan tempat sampah. Hal ini tentu saja membuat lingkungan menjadi kotor sehingga kita tidak nyaman untuk berkegiatan di tempat tersebut. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan serta mengatasi permasalahan sampah yang berserakan di jalan, salah satunya adalah dengan plogging.

Kata plogging berasal dari dua kata dalam bahasa Swedia plocka upp yang punya arti memungut, dan jogging yang berarti lari-lari kecil. Artinya, plogging adalah joging atau lari kecil sambil memunguti sampah yang ada pada rute yang kita lewati saat berlari. Kegiatan plogging memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri maupun lingkungan. Pada saat melakukan plogging, kita bisa berolahraga yang tentunya menyehatkan diri kita sekaligus membersihkan lingkungan sehingga lingkungan menjadi sehat.

Pada tulisan ini, saya ingin membagikan pengalaman plogging yang telah saya lakukan. Pada plogging pertama, saya melakukan plogging dari rumah menuju sungai yang berada di dekat tempat tinggal penulis. Di sepanjang perjalanan menuju sungai, saya memungut sampah yang terlihat dan sesampainya di sungai saya melakukan penyisiran terhadap sampah plastik. Kegiatan ini saya lakukan bersama kakak saya pada hari Minggu, 11 April 2021 mulai pukul 09.00 hingga 10.30 WIB. Pada plogging pertama ini kami dapat mengumpulkan sampah sebanyak satu kantong plastik berukuran besar.

Kemudian plogging kedua saya mulai dari sekitar rumah saya menuju ke lapangan tempat bermain di daerah Puri Sartika, Semarang. Jarak tempuh dari rumah hingga taman bermain tersebut kurang lebih sekitar 1 km. Di sepanjang jalan menuju taman bermain, saya berlari-lari kecil sambil memunguti sampah yang terlihat. Plogging ini saya lakukan bersama dengan adik saya pada hari Minggu, 16 Mei 2021 mulai pukul 7.05 hingga 8.10 WIB. Pada plogging kedua ini sampah yang terkumpul adalah sebanyak kantong plastik berukuran sedang.

Pada plogging ketiga dan keempat, saya melakukannya di sepanjang jalan Kaliang Lama 9, Semarang. Saya melakukan plogging dua kali di tempat yang sama namun pada hari yang berbeda karena gang tersebut cepat kotor. Plogging ketiga dilakukan pada tanggal 23 Mei 2021 pada pukul 7.00 – 8.15 WIB dan sampah yang terkumpul sebanyak satu kantong plastik ukuran sedang. Kemudian plogging keempat dilakukan pada 30 Mei 2021 pukul 7.15 – 8.20 WIB dan sampah yang terkumpul sebanyak satu tong sampah berukuran kecil.

Alasan saya melakukan plogging karena ada banyak manfaat yang dapat dihasilkan dari kegiatakan plogging. Manfaatnya tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk lingkungan. Dengan melakukan plogging, tidak hanya badan saja yang menjadi sehat namun lingkungan juga menjadi sehat. Melakukan kegiatan plogging dapat mengurangi sampah yang berserakan di jalanan sekitar kita sehingga lingkungan menjadi bersih dan sehat.

 

Daftar Pustaka

Heriyatni, Feni. (2013). Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Hidup. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan

0 komentar:

Posting Komentar