13.6.21

Plogging : Pungut Sampah Sambil Jogging

                                               PUNGUT SAMPAH SAMBIL JOGGING

                                                                 Fakultas Psikologi

                                                Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

                                                             Psikologi Lingkungan

                                        Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta, MA

 

Plooggig merupakan kegiatan olahraga lari sambil memungut sampah disekitar lingkungan tempat jogging. Plogging pertama kali muncul di negara Swedia. Plogging berasal dari kata plocka upp yang artinya memungut sampah. Olahraga lari sambil memungut sampah sudah dilakukan banyak negara mulai dari London, New York, hingga Prancis, dan untuk di Indonesia belum banyak dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia. Kesadaran untuk menjaga kebugaran tubuh dan menjaga kelestarian lingkungan kian disadari oleh masyarakat Indonesia. Kekinian, tren menggabungkan olahraga sambil menjaga lingkungan pun semakin populer lewat plogging. Di Indonesia sendiri, plogging mulai dilakukan oleh beberapa komunitas lari di Februari 2018. Sebut saja, Komunitas Maros Runners di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang berhasil mengumpulkan sampah hingga 50 kg. Begitu juga dengan komunitas Solo Runners yang melakukan aksi plogging di kota Surakarta, Jawa Tengah pada Maret 2018 dan berhasil mengumpulkan sampah hingga 90 kg.

Pada hari pertama saya mulai memungut sampah disekitar jalan waktu saya lagi lari-lari. Waktu hari pertama saya belum membawa kantong plastic karena saya kira tidak banyak sampah di pinggiran jalan tetapi ternyata banyak banget sampah berserakan. Maka dengan itu hari pertama saya hanya memungut beberapa sampah lau saya kumpulkan terlebih dahulu dirumah. Hari kedua, saya joggig sudah membawa kantong plastik dan waktu itu banyak sampah botol-botol, plastic seperti bungkus jajanan dan lalinnya. Di hari kedua ini banyak sampah yang saya kumpulkan. Seperti dilihat pada gambar di hari ketiga banyak sampah yang saya kumpulkan waktu itu saya mengumpulkan sampah plastic karena dalam rumput-rumput banyak sampah plastic yang dibiarkan. Hari ke empat sampah yang saya pungut sedikit tidak seperti pada hari kedua dan ketiga yang sampai kantong plastic penuh.

Selama 4 hari saya melakukan jogging sambil memugut sampah. Sampah yang saya kumpulkan sebanyak 7kg itu juga saya tambahkan sampah-sampah yang ada pada sekitar rumah saya. Setelah saya mengumpulkan sampah-sampah itu saya bawa ke agen sampah. Sampah tersebut saya jual di tempat agen tersebut. Tak sekadar bermanfaat untuk kesehatan, plogging pun membawa misi sosial yaitu membersihkan lingkungan dari sampah. Tidak terkecuali jenis sampahnya, semua sampah yang bertebaran dipungut ketika melakukan olahraga ini. Bisa dibayangkan jika lingkungan bersih dari sampah? Tidak ada lagi bau menyengat, lingkungan bersih dari sampah yang bisa saja membawa calon virus atau bakteri, dan tentunya lebih indah dipandang mata ketika lingkungan bersih.

      Plogging layaknya olahraga lari, juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Aksi plogging efektif membakar kalori sekaligus mengencangkan otot, karena saat memungut sampah Anda akan berjongkok yang menyerupai gerakan squat. Gerakan ini mampu menjaga denyut dan kinerja jantung, serta membentuk otot bokong dan paha.

2 komentar:

  1. Yeyyyy... yukk bisa sicontoh untuk peduli lingkungan

    BalasHapus
  2. WAAAAAWWWWWW, kakak ini inspiratif sekali yaa

    BalasHapus