7.6.21

Pemanfaatan Kotoran Hewan Untuk Tanaman

Nama: Mita Dwi Wijayanti
Nim: 19.310.410.037
Dosen Pengampu: Arundhati Shinta


          Baru-baru ini budidaya tanaman hias sedang digandrungi oleh banyak orang, termasuk kaum hawa. Tanaman hias adalah semua tanaman yang dibudidayakan dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya (Zulkarnain: 2009). Banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli bahkan memelihara tanaman hias. Bahkan tak jarang dari mereka sering berburu tanaman hias yang belum mereka punyai atau yang lagi viral saat ini. Hal ini juga saya rasakan, namun saya tidak begitu mengikuti perkembangan tanaman hanya saja membeli beberapa tanaman atau pun menanam tanaman yang saya sukai. Untuk merawat tanaman dirumah biasanya saya memanfaatkan pupuk kandang sebagai medianya, karena pupuk kandang ini bisa membuat tanaman menjadi subur. Namun,baru minggu-minggu kemarin saya membuat pupuk bokashi untuk tanaman. Kebetulan saat SMA dulu saya pernah melakukan praktek untuk membuat pupuk bokashi sehingga sedikit masih mengingat cara maupun bahan untuk membuatnya.
Apasih pupuk Bokashi? Bagaimana cara membuatnya?
           Pupuk bokashi merupakan pupuk kompos yang dihasilkan dari proses fermentasi atau peragian bahan organik dengan teknologi EM4 (Effective Microorganisms 4). Untuk pembuatannya sendiri itu cukup mudah kita tinggal menyiapkan bahan berupa kotoran hewan yang sudah kering,kali ini saya memakai kotoran sapi, arang dari sekam, tanah humus, Em4, dedak, jerami, dan juga gula merah. Pertama siapkan tempat untuk membuat pupuk seperti ember, setelah itu potong kecil-kecil jerami hingga benar-benar kecil, lalu cairkan gula merah. Setelah itu, campur potongan jerami tadi dengan kotoran sapi, arang sekam,tanah humus, dan juga dedak. Kemudian larutkan gula merah,setelah gula merah larut campurkan dengan Em4 dan tuangkan pada bahan yang telah dicampur tadi sedikit demi sedikit hingga tercampur dengan rata. Terakhir tutup ember dengan plastik hingga benar-benar kedap terhadap udara. Tunggu hingga kurang lebih 7 hari dan pupuk siap digunakan untuk menanam tanaman hias.


           Untuk menggunakan pupuk pertama siapkan pot, tanaman yang akan ditanam, dan air secukupnya. Pertama masukkan pupuk kedalam pot setelah itu baru ditambahkan tanaman yang akan ditanam, lalu siram dengan air secukupnya. Jangan lupa untuk merawat tanaman yang telah ditanam. Selain itu, siram tanaman diwaktu pagi hari karena baik untuk tanaman.
          Bokashi dapat digunakan dan berkontribusi untuk meningkatkan  kesuburan tanah sehingga memberikan  pertumbuhan dan produksi tanaman yang  lebih baik. 


Referensi:
Zulkarnain. (2009). Dasar-dasar Hortikultura. Jakarta: Bumi Aksara.



0 komentar:

Posting Komentar