13.6.21

Peduli Kebersihan Lingkungan Sekitar

Tugas Essay Psikologi Lingkungan Semester Genap 2020/2021

Dosen Pengampu : Dr. Arundita Shinta, MA

Nama : Yohannes Tua Tambunan

NIM : 19310420085

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45

    Menjaga kebersihan alam adalah kewajiban kita sebagai manusia. Berbagai hal baik akan kita akan dapatkan ketika ligkungan itu bersih. Seperti lingkungan menjadi sehat, tidak menimbulkan bau yang tidak enak, tidak menyebarkan kotoran dari alam, dan juga tidak menularkan atau menyebabkan penyakit bagi seseorang (Iskandar, 2018)

    Kebersihan lingkungan juga dapat mempengaruhi diri seseorang. Seperti sehatnya sebuah lingkungan akan berdampak pada udara yang dihasilkan lingkungan itu sendiri. Hal itu akan mempengaruhi segar dan sehatnya udara yang kita hirup. Jika udara yang kita hirup berkualitas baik maka sistem pernapasan kita pun akan baik. Hal itu juga akan mempengaruhi kinerja kita dalam melakukan aktivitas kita. Juga kita akan merasa nyaman berada di lingkungan tersebut.

    Namun masih banyak orang yang memiliki kurang dalam menjaga kebersihan lingkungan itu sendiri. Iskandar (2018) menyatakan solusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari diri sendiri dengan memberi contoh kepada masyarakat bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan. 

    Juga dapat melibatkan tokoh masyarakat setempat serta mengajak pemuda-pemudi untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, dapat juga memperbanyak jumlah tempat sampah yang disediakan disekitar lingkungan lalu membuat sosialisasi tentang kebersihan lingkungan.

Berikut kegiatan yang saya lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan :

1. Before






After











2. Before






After






3. Before






After






4. Before                                After











After











    Dimulai dari diri sendiri untuk menumbuhkan rasa cinta kepada lingkungan. Pelan tapi pasti karena kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan memang sudah sangat kurang dimiliki oleh masyarakat zaman sekarang. Mungkin untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sulit kepada orang lain. Tapi setidaknya kita menunjukkan hal baik dan semoga orang lain dapat melihat dan sadar agar rasa cinta terhadap lingkungan itu dapat muncul juga didiri mereka.


Daftar Pustaka :
    
    Iskandar, Andi Arifuddin (2018). Pentingnya Memelihara Kebersihan Dan Keamanan Lingkungan Secara Partisipatif Demi Meningkatkan Gotong Royong Dan Kualitas Hidup Warga. Jurnal Ilmiah Pena Vol. 1 Nomor 1

0 komentar:

Posting Komentar