13.6.21

 

Menjaga Ketahanan Fisik Dan Kebersihan Lingkungan Dengan Plogging

(Butir ke 7)


Nama                    : Windyangreni Mika

Nim                       : 19310410047

Mata Kuliah         : Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu : Dr. Arundati Shinta M.A

Tiap tahun jumlah manusia akan semakin bertambah, maka akan bertambah juga penggnakaan bahan pangan serta sampah yang dihasilkan. Sementara zaman sekarang sangat banyak oknum yang tidak bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan nya, seperti yang kita lihat sekarang orang-orang lebih sering mengkosumsi makanan atau minuman instan yang pegemasannya menggubakan plastik dan hanya sekali pakai saja. Sampah-sampah tersebut biasanya tidak langsung dibuang ke tempat sampah melainkan banyak orang yang akan membuangnya sembarangan seperti dijalanan. Tanpa mereka sadari perbuatannya tersebut akan mencemari lingkungan serta akan berpengaruh terhadap udara yang dihirupnya yang akhirnya akan menggangu Kesehatan. Menurut WHO (World Health Organization), kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia. Sedangkan menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) kesehatan lingkungan adalah suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan Bahagia.

Permasalahannya adalah hingga saat ini sangat banya lingkungan atau tempat yang lingkungannya tidak bersih dari sampah atau banyak sampah yang berserakan. Hal tersebut banyak kita temui karena banyak orang yang sering membuang sampah disembarang tempat walaupun sudah tersedia tempat sampah. Karena itu masyarakat perlu disadarkan akan pentingnya kesehatan lingkungan yang baik dan sehat, demi terciptanya komunitas yang sehat dan bahagia. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kita seperti dijalanan yaitu dengan melakukan plogging. Kata plogging sendiri berasal dari Swedia, yang  berasal dari kata jogging dan sebuah istilah Swedia “plocka upp” yang artinya mengambil. Gabungan kedua kata ini kemudian menjadi konsep sederhana plogging, yaitu lari sambil memunguti sampah di sekitar. Digagas oleh ahli lingkungan Erik Ahlstrom, plogging berhasil membersihkan kota Stockholm di Swedia yang kala itu dinilai kotor dan mirip tempat pembuangan sampah. Pada kegiatan ini kita bisa berolahraga sambil membershkan lingkungan sekitar jalan yang kita lewati.pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan mengenai plogging yang sempat saya lakukan.

 

Pada plogging yang pertama saya lakukan Bersama salah seorang teman saya, pada hari Minggu tanggal 23 Mei 2021 dari jam 08:30-09:40. Pada plogging pertama say aini sampah yang saya dapatkan yaitu sebanyak satu kantong plastik berukuran sedang yang isi nya berupa sampah plastik bekas  snack, tissue, beberapa gelas air mineral, dan juga beberapa kertas atau kardus yang sudah robek. Kemudian plogging yang kedua saya lakukan pada hari Minggu tanggal 30 Mei 2021 dari jam 09:00 hingga jam 09:53, dalam kegiatan kedua ini kebetulan kantong plastic yang saya bawah berukuran kecil sehingga sampah yang terkumpul juga tidak banyak, hanya berisi beberapa tissue, bungkus rokok, gelas air mineral dan juga beberapa plastic yang sudah basah karena terkena hujan. Selanjutnya untuk plogging ketiga dilakukan pada hari Sabtu tanggal 5 Juni 2021 dari jam 07:30 hingga jam 08:21, hasil dari plogging ketiga ini berisi banyak sampah plastic dan juga edaunan kering disekitaran jalan. Kemudian pada kegiatan plogging yang keempat saya lakukan pada hari Minggu tanggal 6 Juni 2021 dari jam 09:00 hingga jam 10:08, sampah yang saya dapatkan pada kegiatan keempat ini kebanyakan sampah dari bekas gelas air mineral, tissue, dan juga beberapa plastik bekas bungkusan snack. Keempat ketiatan tersebut selalu saya lakukan disekitaran lingkungan gang kost tempat saya tinggal, saat plogging biasanya ketiga istirahat atau sedang berlari kecil dan saya melihat sampah saat itulah biasanya saya akan berhenti dan memungut sampah yang ada disekitaran jalan tersebut.

Alasan saya melakukan plogging karena menurut saya dengan kegiatan ini sangat membantu dan memudahkan dalam berolahraga serta juga bisa melakukan pembersihan lingkungan agar menjadi lebih sehat dan dapat menghirup udara yang segar dari sampah.

Referensi:

https://dlhk.bantenprov.go.id/upload/dokumen/Menjaga%20Kesehatan%20Lingkungan.pdf

https://www.buddies.co.id/plogging-tren-olahraga-lari-yang-eco-friendly/

 

0 komentar:

Posting Komentar