13.6.21

Menjaga Kebersihan Rumah Untuk Kesehatan

 


Dosen Pengampu : Dr. Arundanti Shinta, MA.

LOLA YORISSA / 20310420033

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Kebersihan lingkungan pada setiap daerah tentu memiliki poin dan standar yang berbeda-beda. Tidak semua masyarakat yang berada pada suatu lingkungan memiliki tingkat kesadaran yang sama untuk berperan dalam menjaga kondisi lingkungan tersebut. Supaya lingkungan bisa terus terjaga dengan baik, setidaknya Anda harus ikut berperan dalam menjaga lingkungan yang dimulai dari lingkungan rumah tinggal Anda.

Lingkungan yang kita tinggali adalah milik bersama. Anda harus turut berkontribusi dalam menjaga kondisi lingkungan supaya merasakan manfaat positifnya. Lingkungan yang sehat bisa memberikan banyak sekali manfaat, baik itu bisa Anda rasakan saat ini atau di kemudian hari nanti.

Banyak yang menganggap bahwa menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal dalam kenyataannya, menjaga kondisi lingkungan bisa dilakukan dari berbagai hal sederhana yang ada di sekitar Anda terlebih dahulu. Salah satunya yaitu membersihkan rumah.

Lingkungan rumah adalah garis terdepan yang bisa Anda jaga kondisi dan kebersihannya sendiri. Mulailah dengan cara memisahkan sampah rumah tangga Anda sesuai dengan jenisnya masing-masing untuk mempermudah petugas dalam melakukan penyortiran. Hindari untuk membuang dan membakar sampah secara sembarangan karena akan mengakibatkan polusi udara yang sangat berbahaya.

Untuk mencegah munculnya kuman penyebab penyakit, Anda harus rajin membersihkan rumah. Tempat tinggal yang bersih dan terawat tentu akan lebih nyaman untuk ditinggali. Ini terutama ketika seluruh kegiatan berlangsung di sana. Berikut tips efektif yang bisa Anda lakukan agar rajin membersihkan rumah.

1.    Selalu merapikan tempat tidur

Pastikan untuk selalu merapikan tempat tidur, baik setelah bangun tidur atau ketika Anda bekerja di atas kasur. Jangan lupa untuk mencuci dan mengganti seprai kasur dan bantal minimal dua minggu sekali.

2.    Bersihkan dapur setiap habis digunakan

Dapur adalah tempat kedua yang paling sering didatangi setelah kamar tidur. Ketika semua anggota keluarga beraktivitas di rumah, tentunya kegiatan makan bersama lebih sering dilakukan. Ini tentunya menjadikan Anda juga lebih sering masak, yang sebelumnya mungkin hanya dilakukan 1-2 kali sehari. Karena itu, wajib bagi Anda untuk membersihkan dapur dan peralatannya setiap habis digunakan.

3.    Menyapu dan mengepel lantai setiap hari

Anda harus rutin menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari agar rumah bebas dari debu. Menyapu dan mengepel lantai bisa membersihkan kuman-kuman yang menempel di setiap sudut rumah.

Anda pun bisa menggunakan sabun pencuci lantai yang mengandung desinfektan. Formula dalam desinfektan dapat menghambat atau membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada permukaan benda mati.

4.    Mencuci pakaian setiap hari

Meski lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, Anda sebaiknya rutin mencuci pakaian setiap hari. Jika Anda membiarkan pakaian menumpuk dan tidak dicuci, kuman dan bakteri akan menempel lebih lama di pakaian Anda.

5.    Pastikan barang-barang di rumah selalu bersih

Selalu ingat membersihkan barang-barang yang sering Anda pegang, seperti ponsel, laptop, mouse , dan remote control . Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan alkohol atau cairan desinfektan.

Untuk menunjang kebersihan rumah, Anda harus memiliki peralatan kebersihan yang lengkap sebagai berikut.

6.    Sapu

Peralatan kebersihan pertama yang wajib Anda miliki adalah sapu. Anda bisa menggunakan sapu untuk membersihkan semua sudut rumah, mulai dari kamar, ruang tamu, sampai ke sudut-sudut yang seringkali kotor dan tidak terlihat, seperti samping lemari atau kolong tempat tidur.

7.    Alat pel

Setelah menyapu, tentunya debu-debu masih bisa menempel. Karena itu, Anda perlu memiliki alat pel untuk membersihkan lantai rumah agar terlihat bersih dan terbebas dari debu.

8.    Kemoceng

Untuk membersihkan debu yang menempel pada barang atau perabot rumah, Anda memerlukan kemoceng. Jadi, sediakan kemoceng sebagai pelengkap alat kebersihan Anda di rumah.

9.    Sapu taman

Kebersihan taman juga tak kalah pentingnya. Jaga lingkungan tempat tinggal Anda tetap bersih untuk menunjang kesehatan keluarga dengan taman yang bersih.

10.    Vacuum cleaner

Vacuum cleaner bukan hanya bisa digunakan untuk membersihkan debu di lantai, tapi juga untuk membersihkan debu yang menempel di karpet Anda. Karpet bersih pasti membuat Anda dan keluarga lebih nyaman.

Berikut kegiatan saya Before After membersihkan lingkungan rumah:

1) Kandang Kucing                                      

                                                                    BEFORE

                                                                    AFTER

 
 

 2) Membersihkan halaman depan dan mencabut rumput         

                                                                    BEFORE    

                                                                      AFTER

3) Ruang Tamu

                                                                    BEFORE


                                                                    AFTER

 

4) Membersihkan ruang dapur

    BEFORE


AFTER


5) Cuci Piring

BEFORE

AFTER


Mulai sekarang, biasakan untuk membersihkan rumah secara teratur dan menyeluruh, supaya Anda dan keluarga dapat terhindar dari berbagai penyakit. Jangan lupakan tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, karena tempat-tempat tersebut rentan ditinggali oleh kuman. 


Daftar Pustaka

https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/menjaga-kebersihan-rumah-tidak-sulit-berikut-tipsnya.html

https://www.rumah.com/panduan-properti/kebersihan-lingkungan-44644

https://www.alodokter.com/pentingnya-kebersihan-rumah-untuk-menjaga-kesehatan-keluarga

 

 


0 komentar:

Posting Komentar