13.6.21

MENJAGA KEBERSIHAN LINGKUNGAN DENGAN CARA PLOGGING

 

Tugas Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Dr. Arundati Shinta, MA

Herlinda Desi Anggraini/19310410008

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

 

Menjaga kebersihan lingkungan adalah kewajiban manusia. Lingkungan yang bersih tentu akan membuat kesehatan pada tubuh manusia menjadi lebih baik. Plogging adalah kegiatan yang bermanfaat baik untuk kesehatan dan lingkungan. Plogging merupakan tren terbaru dari Skandinavia yang menggabungkan olahraga dengan kepedulian terhadap lingkungan. Istilah "plogging" sendiri merupakan paduan bahasa Swedia untuk "mengambil" ("plocka upp") dan "jogging" (Kompasiana.com, 2018).

Jogging adalah olahraga yang rutin saya lakukan ketika pagi hari sebelum melakukan aktifitas. Biasanya saya jogging dari rumah menuju ke rumah nenek saya yang jaraknya kurang lebih 1,5 KM. Ketika saya mendapatkan tugas plogging saya melakukan jogging dengan mengambil sampah di sepanjang jalan yang saya lewati. Awalnya saya ragu-ragu untuk melakukannya karena saya merasa tidak percaya diri apabila menjadi pusat perhatian. Tetapi, saya memberanikan diri untuk melakukan plogging.  

1.    Plogging pertama, saya lakukan pada hari Jum’at, 4 Juni 2021. Rute yang saya lewati sama seperti biasanya ketika menuju rumah nenek. Kali ini saya menemukan banyak sampah plastik yang banyak berserakan di pinggir jalan.


 

 

2.    Plogging kedua, saya lakukan pada hari Senin, 7 Juni 2021. Kali ini tujuan saya tetap ke arah rumah nenek tetapi melewati rute yang berbeda. Saya banyak menemukan plastik, sampah masker, hingga bungkus rokok.


 

 

3.    Plogging ketiga, saya lakukan pada hari Selasa, 8 Juni 2021. Plogging ketiga ini saya mengajak adik saya untuk melakukannya. Rute yang kami lewati sama dengan plogging pertama. Sampah yang kami temukan masih sama seperti hari-hari sebelumnya, yaitu sampah plastik, sampah masker, hingga bungkus rokok.


 

 

4.    Plogging keempat, saya lakukan pada hari Kamis, 10 Juni 2021. Plogging ini saya lakukan di area lapangan minggiran. Sampah yang saya temukan tidak jauh berbeda dengan rute-rute sebelumnya. Ada sampah plastik, sampah masker, bungkus rokok, hingga bekas botol minuman. 


 

 

Dari kegiatan ini membuat saya sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Menjaga lingkungan harus dimulai dari diri sendiri, yaitu bisa di mulai dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Kegiatan ini juga membuat adik saya lebih mencintai lingkungan dan mulai memiliki kesadaran diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebelum melakukan kegiatan ini saya semat ragu-ragu untuk melakukannya, tetapi setelah saya lakukan justru saya senang melakukannya. Dengan begitu masyarakat yang melihat saya melakukan plogging bisa lebih sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya.                                                                                                                                                                          

DAFTAR PUSTAKA

Kompasiana.com. (2018, 5 Juni). Bosan jogging? Cobalah plogging!. Diakses pada 10 Juni, dari https://www.kompasiana.com/rudywiryadi2002/5b14afc5ab12ae293e064c62/plogging

3 komentar: