12.6.21

Mengikuti Photo Contest Sebagai Pengisi Waktu Luang

 Mita Dwi Wijayanti (19.310.410.037)

Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Psikologi Lingkungan

Dosen Pengampu: Arundhati Shinta


           Sunset Sunrise merupakan sebuah event foto kontes yang diadakan oleh Indihome. Event ini difokuskan untuk memotret tentang sunset ataupun tentang sunrise. Priode untuk event foto ini dimulai dari tanggal 1 Juni hingga pada 1 Juli. Persyaratan dalam event pun cukup mudah. Peserta yang ingin mengikuti event ini cukup dengan merepost poster lomba di Instagram dengan mention ke 5 orang teman hingga pada tanggal 20 Juni. Serta dalam event ini pun tidak dipungut biaya sama sekali, jadi semua orang yang memiliki hobi memotret bisa mengikutinya dan juga tidak diwajibkan untuk menggunakan kamera digital ataupun smartphone tertentu.


          Saat itu awalnya saya tidak sengaja melihat iklan lomba di Instagram, lalu saya mencoba untuk ikut dengan tujuan menambah skill memotret, karena memang saya menyukai hal yang berkaitan dengan memotret walaupun hasil jepretan saya masih biasa saja dan untuk mengisi waktu luang, sehingga waktu luang yang saya miliki bisa sedikit bermanfaat. Dalam event ini peserta juga bisa diajarkan cara memotret sunset dan sunrise dengan baik atau tips and trik lewat via Zoom, sehingga peserta bisa mendapatkan ilmu tentang dunia perpotretan dengan baik dan tentunya tidak dipungut biaya dan benar-benar gratis.


         Untuk foto yang dilombakan saya mengambil foto sunset dari Bendungan Kamijoro yang terletak di Bantul Yogyakarta. Bendungan ini terletak diantara perbatasan Bantul dan Kulon Progo. Selain digunakan sebagai tempat wisata bendungan ini ternyata juga digunakan sebagai sarana irigasi untuk pertanian dan digunakan sebagai sarana akses transportasi, karena adanya jembatan yang membentang diatas bendungan yang menghubungkan antara Bantul dan Kulon Progo sehingga bisa menghemat waktu. Bendungan ini memiliki keindahan yang bisa memanjakan mata apalagi ketika sore hari kita bisa menikmati sunset yang indah di bendungan. Dan juga bendungan ini juga bisa dijadikan sebagai tempat bermain untuk anak-anak karena pada bendungan ini disediakan sarana bermain untuk anak. Bendungan ini merupakan salah satu pemanfaatan air dengan baik. Kehadiran bendungan tersebut sangat penting bagi ketersediaan suplai air dan mendukung aktivitas masyarakat setempat. Air menurut Peraturan Pemerintah Nomor 121 Tahun 2015 tentang Pengusahaan Sumber Daya Air, menyatakan bahwa, air adalah semua Air yang terdapat pada, di atas atau di bawah permukaan tanah, termasuk air laut yang berada di darat. Air merupakan salah satu sumber kehidupan masyarakat yang keberadaannya bersifat dinamis mengalir ke tempat yang lebih rendah tanpa mengenal batas wilayah administrasi. Dalam kehidupan makhluk hidup sangat tergantung pada air jadi tak bisa dibayangkan jika tidak ada air. Apalagi jika air tidak dimanfaatkan dengan baik.


        Selain sebagai sumber air irigasi untuk meningkatkan intensitas tanam, memasok kebutuhan air baku, pengendalian banjir dan energi (PLTA), bendungan juga dapat menjadi ikon atau landmark kawasan, sehingga mampu membangkitkan destinasi wisata baru dan memicu pertumbuhan ekonomi lokal. Sehingga dalam hal ini mampu membantu untuk pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya air sehingga keberadaan air bisa terjaga. 


Referensi:
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 121 Tahun 2015 Tentang Pengusahaan Sumber Daya Air.

0 komentar:

Posting Komentar