14.6.21

Asyiknya belajar bareng Bahasa Inggris bersama 2 anak yatim di Desa Randublatung


Essay Psikologi Lingkungan

Kharisma Ayu Mutiara Dewi

19310410070




Di Indonesia proses belajar dan mengajar secara formal di sekolah seringkali di pandang tidak cukup oleh sebagian peserta didik. Sehingga peserta didik kurang memahami mata pelajaran tersebut. Maka di perlukan belajar tambahan atau les yang menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan. Namun jika di lihat relitanya les tersebut berbayar dengan harga cukup mahal. Ini yang menjadi alasan saya untuk mengadakan les gratis dan membantu anak yang kesusahan memahami mata pelajaran disekolah. Saya mengadakan les bahasa inggris. menurut saya bahasa inggris adalah mata pelajaran yang harus di pahami oleh siswa sebagai bahasa internasional.

Kegiatan kami dimulai sehabis maghrib dan berakhir sebelum isya. Saya hanya mengajarkan pembelajaran yang umum yaitu Angka, Hari, kata kerja, Kalimat simple, past, dll. 2 anak ini sangat antusias mengikuti les ini. Alasan mereka karna memang belum mengerti bahasa inggris. Sehingga saat saya tawarkan les tersebut mereka mengiyakan. Kendala yang saya hadapi adalah terkadang mati lampu mendadak pada malam hari. Memang daerah kami sering terkena mati lampu. Selain itu jadwal saya dan tugas tugas saya yang sering bertabrakan. Sehingga les di liburkan atau dimajukan/mundurkan jadwalnya. Jadi kegiatan ini dapat terlaksanakan dengan baik.



Yang saya dapat atau hal positif yang saya dapat adalah saya bisa berlatih kesabaran. Selain itu menginggat kembali materi materi bahasa inggris waktu sekolah dulu. Karena selain materi yang saya berikan saya juga membantu pekerjaan rumah (PR) bahasa Inggris mereka. Jadi saya mengingat kembali materi materinya. Hal yang lupa saya ingat ingat kembali.

Kegiatan ini sangat menyenangkan dan suatu kegiatan yang positif buat saya. Dengan ini juga dapat meningkatkan pendidikan di Indonesia. Dan dapat membantu keuangan keluarga anak yatim tersebut yaitu tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk les ini. Meskipun hanya sebentar tapi anak anak sudah paham apa yang saya ajarkan.

 

Referensi

Saputri. O.D, & Rahmawati. (2019). Peran Guru Dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) Bagi Peserta Didik Di Luar Jam Pelajaran Sekolah Sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG


0 komentar:

Posting Komentar