27.5.21

Komunitas Tirtowening: Serunya Mengolah Limbah dan Menjaga Kesehatan Mental

 

Tugas Psikologi Lingkungan “Pengabdian Masyarakat”





Oleh:

Alia Nanda Rumekti (19310410066)

Dosen pengampu:

Dr. Arundati Shinta, M. A.

 

            Pandemi covid-19 telah genap satu tahun mendiami Indonesia. Sejak pandemi terjadi, banyak perubahan yang terjadi di sektor kehidupan terutama aktivitas masyarakat. Anak-anak yang semula belajar di sekolah, orang tua yang bekerja di tempat kerja, kini harus melakukan segala aktivitas di rumah. Penerapan WFH (Work From Home) ternyata mulai membuat masyarakat jenuh. Tidak sedikit pula orangtua yang mulai merasakan ekonomi yang merosot. Anak-anak pun mulai tidak semangat bersekolah dari rumah karena mulai rindu dengan teman-temannya. Hal ini terjadi di Dusun Pendem, Berbah, Sleman, Yogyakarta.

            Permasalahannya adalah pembatasan sosial akibat pandemi ini diberlakukan diberbagai wilayah. Para orangtua mereka yang pada umumnya bekerja sebagai buruh pabrik kini dirumahkan akibat penurunan produksi pabrik. Ada permasalahan lain yang harus mereka hadapi yaitu kebutuhan anak yang harus tetap terpenuhi dan peran baru mereka sebagai guru mata pelajaran bagi anak-anaknya. Lantas, bagaimana cara para orangtua di Dusun Pendem menyelesaikan permasalahan ini?

            Saya bersama dengan salah satu Mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 yaitu Kak Rio Wahyu Nugroho dan SOS Children Village bekerjasama untuk membantu mereka sedikit mengatasi permasalahan ini. Kami berperan sebagai volunteer yang mendampingi Dusun ini dalam suatu komunitas, yaitu Komunitas Tirtowening. Ada berbaga kegiatan yang kami lakukan, diantaranya pendampingan secara daring seperti penyuluhan dan secara luring seperti pelatihan untuk ibu dan anak.

            Salah satu pelatihan yang kami buat untuk para ibu adalah pelatihan membuat masker dari kain perca. Tujuan utama pelatihan ini adalah menyelamatkan lingkungan dari tumpukan limbah kain perca. Penyelamatan lingkungan dari limbah merupakan salah satu tindakan pro-lingkungan hidup. Menurut Kollmus dan Agyeman (2002), pro-lingkungan hidup adalah perilaku yang dilakukan oleh seseorang secara sadar untuk mengurangi dampak negatif dari lingkungan alami dan binaan (Shinta, 2019). Peserta pelatihan ini adalah para ibu yang berada di Komunitas Tirtowening. Alat dan bahan yang digunakan adalah kain perca, gunting, benang jahit, dan benang jahit tangan. Pertama, kami memberikan pengarahan sekaligus membagikan alat dan bahan. Setelah itu para ibu bisa mulai membuat masker dengan tetap kami peragakan langkah demi langkahnya.  

 

 

Pelatihan lain juga kami berikan untuk anak anak, yaitu pelatihan pembuatan hiasan dinding. Bahan utama yang digunakan adalah kertas dan koran bekas. Tujuan pelatihan ini sama dengan pelatihan pemuatan masker, yaitu menyelamatkan lingkungan dari sampah kertas. Kami memberikan pengarahan dan tahapan pembuatan hiasan dinding ini. Anak-anak yang berasa dari berbagai usia ini kami bagi menjadi beberapa kelompok. Mereka sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.


            Kegiatan lain yang kami laksanakan bersama Komunitas Tirtowening adalah penyuluhan secara daring melalui aplikasi Zoom. Dalam penyuluhan ini, kami menyampaikan tentang cara menjaga kesehatan mental dikala pandemi. Para orangtua yang merupakan peserta penyuluhan sangat antusias, ditandai dengan banyaknya orangtua yang mengajukan berbagai pertanyaan.


            Pelatihan pembuatan masker dan hiasan dinding ini diharapkan bukan hanya menjadi hiburan semata. Kami berharap hal ini dapat menjadi ladang kreativitas bagi anak dan sumber penghasilan tambahan bagi orangtua. Selain itu, kesehatan mental dikala pandemi sangat penting untuk dijaga. Mental yang sehat akan membantu seseorang untuk menentukan langkah kehidupannya. Langkah ini termasuk aktivitas keseharian, pemikiran yang sehat dan matang, dan kemampuan menghadapi masalah (Hanna, 1995).

 

Daftar Pustaka

 

Hanna, D. B. (1995). Integrasi Psikologi dengan Islam Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Yogyakarta & Yayasan Insan Kamil.

Shinta, A. (2019). Penguatan Pendidikan Pro-Lingkungan Hidup di Sekolah-sekolah untuk Meningkatkan Kepedulian Generasi Muda pada Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Best Pulisher.

 

 

 

 

1 komentar: