8.4.21

Tertawa Sangatlah Bermanfaat!

 Nama   : Imanuel Deo 

Nim : 20310410023

Fakultas Psikologi

Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen Pengampu : Dr. Arundhati Shinta MA

     Mungkin memang benar tertawa adalah obat yang kuat.  Tertawa dapat menyatukan orang dengan cara memicu perubahan fisik dan emosional secara sehat dalam tubuh.  Tertawa juga dapat memperkuat sistem kekebalan kita, meningkatkan mood/suasana hati, mengurangi rasa sakit, dan melindungi kita dari efek stres yang merusak mood.  Mungkin tidak ada hal yang bekerja lebih cepat atau lebih dapat kita andalkan untuk mengembalikan keseimbangan pikiran dan tubuh kita selain tertawa.  Humor atau lelucon dapat meringankan beban kita, menginspirasi bahwa masih ada harapan, menghubungkan kita dengan orang lain, dan membuat kita tetap terlihat ramah, fokus, dan waspada.  Ini juga membantu kita dalam melepaskan amarah dalam diri dan memaafkan kesalahan seseorang lebih cepat.

 

      Dengan begitu banyak kekuatan untuk menyembuhkan dan memperbarui diri, kemampuan  tertawa dengan mudah dan sering, merupakan sumber daya dari pikiran yang luar biasa untuk mengatasi masalah, meningkatkan hubungan kita dengan orang lain, dan mendukung kesehatan fisik serta emosional kita. Tertawa mungkin adalah hal terbaik, obat yang tak ternilai harganya ini sangat sederhana dan tentu menyenangkan, gratis, dan mudah dilakukan.

 

      Kita lihat waktu kita dimasa kanak-kanak, kita biasa tertawa ratusan kali sehari, tetapi sebagai orang dewasa, hidup cenderung lebih serius dan lebih jarang tertawa.  Tetapi dengan mencari lebih banyak kesempatan untuk bersendau gurau dan tawa, kita dapat meningkatkan kesehatan emosional kita, memperkuat hubungan kita, menemukan kebahagiaan yang lebih besar ​​dan bahkan menambah umur panjang dalam hidup kita (istilahnya).

 

      Menurut penelitian tertawa dapat merilekskan seluruh tubuh.  Tertawa yang baik dan hangat meredakan ketegangan fisik dan stres, membuat otot kita rileks hingga 45 menit setelahnya. Tertawa meningkatkan sistem kekebalan.  Tertawa mengurangi hormon stres dan meningkatkan sel kekebalan dan antibodi untuk melawan infeksi, sehingga meningkatkan daya tahan kita terhadap penyakit. Tertawa dapat memicu pelepasan endorfin, bahan kimia alami tubuh untuk merasa nyaman.  Endorfin meningkatkan perasaan sejahtera secara keseluruhan dan bahkan dapat menghilangkan rasa sakit untuk sementara. Tertawa dapat melindungi kesehatan bagian hati.  Tertawa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, yang dapat membantu melindungi kita dari serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya. Tertawa dapat membakar kalori, jadi tertawa ini bukan pengganti pergi ke tempat gym, tetapi satu penelitian menemukan bahwa tertawa selama 10 hingga 15 menit sehari dapat membakar sekitar 40 kalori, tertawa yang cukup dapat untuk menurunkan berat badan tiga atau empat pon selama setahun. Tertawa juga dapat meringankan beban berat hidup serta amarah.  Tidak ada yang bisa meredakan emosi dan konflik lebih cepat daripada tertawa bersama.  Melihat sisi humor dapat menempatkan masalah ke dalam perspektif dan memungkinkan kita untuk beralih dari konfrontasi tanpa berpegang pada luapan emosi serta kebencian.

Daftar Pustaka :

 

 

 Cleveland Clinic (2016). 3 Ways That Laughter Can Give You a Healthier Heart. ( diakses pada hari Rabu 7 April 2021, pukul 15.25 WIB)

0 komentar:

Posting Komentar